DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pasukan AS Diserang 151 Kali di Irak dan Suriah Selama Kepresidenan Biden

image
Jenderal Angkatan Darat Mark Milley berbicara dengan pasukan AS di Suriah.

ORBITINDONESIA.COM - Proksi yang didukung Iran telah menyerang pasukan AS di Irak dan Suriah setidaknya 150 kali sejak Presiden Joe Biden menjabat, kata dua pejabat pertahanan AS kepada VOA.

Lebih dari sepertiga serangan tersebut terjadi dalam sebulan terakhir. Ini menandai peningkatan kekerasan terhadap pasukan AS di wilayah tersebut.

Ketika ditanya pada 28 Maret tentang jumlah serangan yang didukung Iran terhadap pasukan AS di Timur Tengah selama pemerintahan Biden, Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan kepada anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat bahwa telah terjadi 83 serangan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Jokowi Tersenyum kepada Mahfud MD di Pulau Madura, Lalu Berfoto Bersama

Para pejabat pertahanan mengatakan kepada VOA pada hari Jumat bahwa proksi Iran melakukan tujuh serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah antara 29 Maret dan 17 Oktober 2023.

Terdapat 61 serangan tambahan terhadap pasukan AS di sana sejak 17 Oktober, termasuk serangan di tiga pangkalan AS pada hari Jumat.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Serangan pesawat tak berawak satu arah di Tal Baydar di Suriah pada hari Jumat merusak infrastruktur di pangkalan tersebut dan melukai satu anggota militer, yang telah dievakuasi dari pangkalan tetapi telah kembali bertugas.

Sebagian besar serangan sejak 17 Oktober diganggu oleh militer AS atau gagal mencapai sasarannya, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan infrastruktur, menurut militer.

Baca Juga: Hasil Grup E Piala Dunia U17 2023, Kesempurnaan Jerman Diikuti oleh Prancis

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Namun beberapa serangan telah menyebabkan lebih dari 60 personel militer AS mengalami cedera, mulai dari luka pecahan peluru hingga gendang telinga berlubang dan cedera otak traumatis. Para pejabat mengatakan semua korban luka telah kembali bertugas.

Salah satu kontraktor AS di Pangkalan Udara al-Asad di Irak menderita penyakit jantung dan meninggal saat berlindung di tempat ketika ada peringatan palsu akan adanya serangan udara.

Timur Tengah telah menjadi pusat perhatian sejak Hamas yang didukung Iran melancarkan serangan terhadap Israel pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang, kata Israel.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Serangan balasan dan serangan darat Israel telah menewaskan lebih dari 12.000 warga Palestina – sekitar 5.000 di antaranya adalah anak-anak – menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

Baca Juga: Pegiat Media Sosial Denny Siregar Ungkap Raja Marah Setelah Tahu Elektabilitas Jagoannya Mentok

Namun mantan pejabat dan pejabat saat ini mengatakan bahwa situasi di Gaza bukanlah penyebab utama serangan terhadap pasukan AS.

“Tujuan utama [Iran] tetaplah mengusir Amerika Serikat dari wilayah tersebut. Dan itulah alasan mengapa serangan-serangan ini meningkat,” kata Purnawirawan Jenderal Kenneth “Frank” McKenzie, mantan kepala Komando Pusat AS, kepada VOA minggu ini.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

AS telah meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut untuk melindungi sekitar 2.500 tentara AS di Irak dan 900 tentara di Suriah dan untuk mencegah aktor-aktor jahat termasuk Iran dan milisi proksinya, Houthi, Hizbullah, dan lainnya memperluas konflik Israel-Hamas.***

Berita Terkait