DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

China Tuan Rumah Latihan Militer Bersama 5 Anggota ASEAN

image
Kapal-kapal perang China.

ORBITINDONESIA.COM - China menjadi tuan rumah latihan militer gabungan dengan lima anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Ini sebuah langkah China yang menurut para ahli tampaknya merupakan unjuk kekuatan yang membangun citra di kawasan di mana pengaruh Beijing sedang berkembang.

Latihan militer tersebut dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan negara-negara tetangga mengenai kedaulatan Laut China Selatan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Hasil Grup F Piala Dunia U17 2023, Kalahkan Selandia Baru Meksiko Kubur Mimpi Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar

Latihan tersebut baru-baru ini berlangsung di provinsi Guangdong, China selatan, di pantai utara laut yang diperebutkan. Ini termasuk pasukan Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Latihan yang diberi nama Aman Youyi-2023, atau Perdamaian dan Persahabatan-2023, akan berakhir pada hari Rabu depan, menurut siaran pers Kementerian Pertahanan Nasional China.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Pasukan China yang terlibat dalam latihan tersebut sebagian besar berasal dari Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat, menurut kementerian. Pasukan yang berpartisipasi di ASEAN termasuk detasemen darat dan kapal permukaan, menurut kementerian.

Latihan tersebut difokuskan pada kontraterorisme dan keamanan maritim, kata Kantor Berita resmi Xinhua. Mereka berbasis di darat dan laut dengan “latihan kontraterorisme dan anti-pembajakan.”

Baca Juga: Pegiat Media Sosial Denny Siregar Ungkap Raja Marah Setelah Tahu Elektabilitas Jagoannya Mentok

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Sophal Ear, seorang profesor di Sekolah Manajemen Global Thunderbird di Arizona State University, mengatakan kepada VOA Khmer bahwa latihan militer tersebut mencerminkan upaya berkelanjutan China untuk merangkul Kamboja khususnya dan beberapa anggota ASEAN umumnya.

Latihan ini menunjukkan “bahwa China adalah negara adidaya regional dan… memecah belah negara-negara anggota ASEAN dalam masalah Laut China Selatan,” kata Rim Sokvy, peneliti di Institut Kerja Sama dan Perdamaian Kamboja.

Di antara negara-negara anggota ASEAN, Filipina, Brunei dan dua negara yang berpartisipasi dalam latihan tersebut, Vietnam dan Malaysia, merupakan negara yang mengklaim secara resmi sebagian wilayah laut tersebut di mana China berusaha untuk menguasai wilayah tersebut.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Ha Hoang Hop, rekan senior di ISEAS-Yusof Ishak Institute yang berbasis di Singapura, berbicara kepada VOA Vietnam melalui Facebook, mengatakan, “Latihan ini lebih bersifat propaganda daripada substansi.”

Baca Juga: Hasil Grup F Piala Dunia U17 2023, Kalahkan Selandia Baru Meksiko Kubur Mimpi Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar

Kamboja mengirimkan sekitar 100 tentara untuk latihan tersebut, menurut postingan Facebook Kementerian Pertahanan Nasional Kamboja pada 11 November. VOA tidak dapat menghubungi juru bicara Kementerian Pertahanan Kamboja untuk memberikan komentar.

Pasukan Thailand berpartisipasi sebagian karena keinginan untuk belajar dari China tentang teknologi pertahanan modern, khususnya teknologi siber, menurut postingan resmi Facebook.***

Berita Terkait