DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hasil MotoGP Qatar 2023, Fabio Di Giannantonio Menjadi yang Pertama Kalahkan Bagnaia, Jorge Martin Finis ke 10

image
Fabio Di Giannantonio untuk pertama kalinya menjuarai MotoGP Qatar 2023 setelah mampu menyalip Francescso Bagnaia di putaran akhir di Lusail International Circuit Senin 20 November 2023

ORBITINDONESIA.COM – Kejutan terjadi di balapan utama MotoGP Qatar 2023 dimana pebalap Gresini Racing Fabio Di Giannantonio menjadi yang pertama dalam balapan yang berlangsung di Lusail International Circuit pada Senin 20 November 2023 pagi WIB.

Bagi Fabio Di Giannantonio ini adalah kemenangan perdana dirinya pada kelas premier yaitu MotoGP Qatar 2023.

Fabio Di Giannantonio yang musim depan digantikan oleh Marc Marquez ini mengungguli pimpinan klasemen Francesco Bagnaia yang harus puas di peringkat kedua dan Luca Marini dari Mooney VR46 yang harus puas di peringkat ketiga.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2023, Jorge Martin Menjadi yang Tercepat, Posisi Bagnaia Terancam

Lengkapi lima besar hasil dari MotoGP Qatar 2023 terdapat Maverick Vinalaes dari Aprilia Racing dan pebalap Afrika Selatan dari Red Bull KTM, Brad Binder.

Francesco Bagnaia memulai balapan dari posisi keenam langsung tancap gas ke depan lewati pemegang pole position yaitu Luca Marini.

Di belakang Marini ada Fabio DI Giannantonio dari Gresini Racing bersama koleganya Alex Marquez dan Marc Marquez dari Respsol Honda.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Qatar 2023, Raul Fernandez Menjadi yang Pertama

Jorge Martin dari Pramac Racing harus terlempar ke posissi delpan ketika memulai balapan dari posisi ke 5.

Pada putaran kedua, Brad Binder menyalip Marc Marquez untuk tempati posisi ke 5 namun tak lama berselang giliran sang kolega yang juga adik dari Marc Marquez, Alex Marquez menggeser Di Giannantonio ke posisi ke 3.

Bagnaia masih di depan ketika masuk putaran ketiga dengan menjaga keunggulan waktu 0,459 detik atas Luca Marini.

Baca Juga: Hasil MotoGP Malaysia, Enea Bastianini Naik Poodium Lagi Usai 420 Hari

Jorge Martin masih berkutat di uratan ke 8 dengan jarak 2,2 detik dari Francesco Bagnaia namun pasti Jorge Martin naik ke posisi ke 7 pada putaran ketiga.

Perubahan terjadi dengan Di Giannatonio yang sukses lewati Alex Marquez pada posisi ketiga sementara itu Marini terus membayangi Bagnaia di posisi ke 2 hingga putaran keempat.

Di Giannantonio dengan agresif berhasil menyalip Luca Marini dan berada di posisi kedua dengan mengancam dan dekati pebalap sesama Italia, Francesco Bagnaia.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Malaysia, Motor Aprilia Terbakar di Tikungan Keramat, Jorge Martin Menjadi yang Pertama

Sementara, Luca Marini perbaiki posisinya ke urutan ke 6 setelah lewati Marc Marquez. Bagnaia masih memimpin balapan diikuti Di Giannantonio dan Brad Binder.

Alex Marquez dan Luca Marini berada di posisi ke 4 dan 5 hingga putaran kelima sementara Di Giannantonio terus membuntuti Bagnaia hingga masuk lap ke 6.

Hingga lap ke 7, Bagnaia terus mempertahankan posisinya paling depan namun DI Giannantonio terus membuntuttinya diikuti Binder dan Alex Marquez.

Baca Juga: Hasil MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Juara, Bagnaia Urutan Kedua

Sementara itu Johan Zarco dari Pramac Racing melakukan duel seru dengan pebalap sesama Prancis, Fabio Quartararo dari Yamaha dalam memperebutkan posisi ke 9.

Namun Quartararo gagal merebutnya dan masih berada di urutan ke 10. Pada barisan belakang kiperah Aleix Espargaro pun berakhir.

Situasi balapan pun semakin segit dimana Di Giannantonio terus membayangi Bagnaia hingga lap ke 8. Dirinya terus memacu motornya untuk menangkan selisih kecepatan dengan sang juara bertahan MotoGP tersebut.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Menjadi yang Terdepan

Sementaa itu Jorge Martin masih berkutat di urutan ke 6 pada urutan balapan MotoGP Qatar 2023 tersebut.

Di putaran ke 9, Bagnaia masih menjadi pebalap paling depan, sementara Jorge Martin alami kesulitan untuk menambah kecepatannya, jarak semakin jauh dengan pebalap di depannya, Luca Marini.

Di Giannantonio semamin mengancam posisi Bagnaia ketika memasuki putaran ke 10 namun Bagnaia berusaha menjaga konsistensi.

Baca Juga: Saran Bunda Corla untuk Capres agar Rakyat Indonesia tidak Hidup Miskin: Jangan Batasi Umur dan Ketrampilan dalam Bekerja

Sementara itu Jorge Martin harus turun ke posisi 8 setelah Marc Marquez menggesernya, namun pada lap kae 11, Jorge Martin menebusnya dengan menyalip Marc dan Quartararo dengan berada di posisi ke 6.

Namun kondisi tersebut tidak bertahan lama akrena dirinya kebali terlempat ke posisi 8

Tetapi, kondisi itu tidak bertahan lama karena dia kembali ke posisi ke-8 setelah dilewati Quartararo di tikungan 10 pada putaran ke-12.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Burkina Faso Bikin Korea Selatan Alami Kekalahan Ketiga di Fase Grup E

Hingga tersisa 10 putaran, Bagnaia masih berada di depan Di Giannantonio berusaha mengudeta posisinya pada putarn ke 13, namun Bagnaia terus menjauh.

Selanjutnya kolega Di Giannantonio di Gresini Racing, Alex Marquez terlibat duel dengan binder untuk mengambil posisi ketiga namun masih bisa di eprtahankan binder

Alex Marquez terlibat duel dengan Binder untuk mengambil posisi ketiga yang masih dipertahankan oleh Binder.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Jerman Habisi Venezuela di Laga Pamungkas Grup F, Robert Ramsak Cetak Brace

Di putaran ke 14, Jorge Martin haru melorot ke posisi 9 sementara Francesco Bagnaia masih nyaman di paling depan.

Ketika balapan sisakan enam putaran, Bagnaia pertahankan posisinya di tengah kejaran Di Giannantonio

Jorge Martin disusul Enea Bastianini di putaran ke 17 sehingga dirinya berada di posisi ke 10 membuat jaraknya semakin jauh dengan Bagnaia yang masih nyaman di urutan pertama.

Baca Juga: DAFTAR LENGKAP Identitas Korban Meninggal dan Terluka Akibat Kecelakaan Kereta Api KA Probowangi versus Minibus Elf di Lumajang

Pada putaran ke 19, Di Giannantonio berhasil lewati Bagnaia dimana pebalap Italia tersebut melebar ketika berusaha menyalip Di Giannantonio di tikungan 1.

Berunung, Bagnaia tidka terjauh namun jarak dirinya dan Di Giannantonio semakin jauh. Hingga pada kahirnya Di Giannantonio terus berada di depan hingga balapan berakhir.

Berikut 10 besar hasil balapan MotoGP Qatar 2023.

Baca Juga: Banyuwangi Gelar Festival Kebangsaan, Satukan Keberagaman Etnis

1 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22) 41m 43.654s

2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23) +2.734s

3 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) +4.408s

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api Probowangi Tabrak Minibus Elf di Lumajang 11 Orang Tewas, Pihak KAI Sebut Pemerintah Harus Peduli dengan Fasilitas Perlintasan

4 Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP23) +4.488s

5 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +7.246s

6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22) +7.620s

Baca Juga: Korban Tewas dan Terluka dalam Kecelakaan Keret Api KA Probowangi da Minibus Elf Kebanyakan Warga Surabaya

7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +7.828s

8 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23) +8.239s

9 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16) +11.509s

10 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23) +14.819s ***

 

Berita Terkait