DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Laga Kualifikasi Piala Eropa 2024: Belanda Sukses Gebuk Gibraltar

image
Calvin Stengs catatkan hattrick dalam laga pamungkas Kualfikasi Piala Eropa 2024 usai kalahkan Gibraltar di Stadion Algarve Portugal Rabu 22 November 2023 dinihari WIB

ORBITINDONESIA.COM – Laga pemungkas grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 hadirkan Gibraltar melawan Belanda yang dimenangkan Die Oranje dengan skor 0-6.

Laga pamungkas grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 antara Gibraltar melawan Belanda berlangsung di Stadion Algarve Portugal Rabu 22 November 2023 dinihari WIB.

Timnas Belanda sudah pastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024 ketika berhadapan dengan Gibraltar.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia U17, Argentina Sukses Gulung Venezuela

Laga ini sebenarnya mirip dengan pertandingan eksebisi saja, namun Ronald Koeman mampu membawa anak asuhnya menang telak atas sang lawan.

Bahkan tim asuhan Ronald Koeman ini sudah memimpin dengan skor 3-0 pada babak pertama dimana penyerang Feyenoord Rotterdam, Calvin Stengs awali keunggulan timnas Belanda pada menit ke 10.

Calvin Stengs kerja sama dengan koleganya Joey Veerman untuk lakukan serangan ke pertahanan Gibraltar.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hanya Mampu Raih 1 Poin Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Gol Saddil Ramdani Jadi Penyelamat

Keduanya tak terhentikan hingga mampu kuasai kotak penalti dari Gibraltar, umpan Joey Veerman mampu diteruskan Stengs untuk membobol Dayle Coleing dari dalam kotak penalti.

Mimpi buruk bagi Coleing dalam lag aini dimana baru saja mulai karena gawang tidak berhenti bergetar setelah gol dari Stegs.

Di menit ke 23, Joey Veerman kembali menjadi pencetus gol untuk Belanda dimana pemain asal PSV Eindhoven ini kirimkan bola lambung hasil dari sepak pojok yang disundul oleh Mats Wieffer.

Baca Juga: Menambah Kedalaman Skuad dan Berbagi Pengalaman, Alasan Marcelo Rospide Datangkan Irfan Bachdim

Tidak hanya sampai situ, Coleing pun harus kembali memungut bola dari gawangnya pada menit ke 38.

Quilindschy Hartman dengan sangat leluasa mampu bergerak ke depan kotak penalti dari sisi kiri pertahanan Gibraltar tanpa ada kawalan.

Hartman pun teruskan bola ke dalam kotak penalti dan menemukan Teun Koopmeiners yang tidak terjaga.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Mali Hancurkan Meksiko di Babak 16 Besar Dalam Laga di Stadion Gelora Bung Tomo

Dan Koopmeiners pun dengan mudah teruskan umpan dari Hartman menjadi gol, 0-3 untuk Belanda atas Gibraltar.

Hingga tambahan waktu dan wasit Arda Kardesler dari Turki meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan keunggulan Belanda atas Gibraltar.

Lepas turun minum, Ronald Koeman menari sejumlah pemain inti seperti Virgil van Dijk, Wout Weghorst dan Joey Veerman yang hanya bermain pada babak pertama.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia U17 2023, Dramatis Jerman Kalahkan Amerika Serikat

Namun keputusan tersebut tidak mengubah gaya permainan di lapangan dimana Belanda tetap mencetak gol.

Bahkan Calvin Stengs mampu lengkapi hattricknya dalam laga tersebut dimana gol keduanya di menit ke 50, lewat usahanya sendiri dari sisi kanan pertahanan Gibraltar.

Stengs lalu mainkan umpan satu dua dengan Donyeli Malen untuk mendekat ke arah gawang, dan begitu dekat dengan gawang, Stengs langsung tendangkan bola dari jarak dekat untuk menambah keunggulan Belanda.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia U17 2023, Pulangkan Jepang Spanyol Tatap Perempat Final

Stengs lengkapi hattricknya pada menit ke 62 usai manfaatkan kesalahan pemain Gibraltar Joseph Collina yang membuanag bola justru mengarah ke Jordan Teze.

Teze pun langsung memberikan bola kembali ke Stengs yng tanpa cela membobol gawang Gibraltar lagi dan mengubah menjadi 5-0 untuk Belanda.

Kemenangan Belanda ditutup oleh Cody Gakpo yang tampi sebagai pemain pengganti, di menit ke 81 Gakpo sebenarnya mencoba mengobper bola ke Thijs Dallinga yang lebih dekat di gawang Gibraltar.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia U17 2023, Kalahkan Ekuador Brasi Melaju ke Perempat Final

Namun bola gagal diterima Dallinga dengan baik, namun malah masuk ke gawang Dayle Coleing dan menjadikan kedudukan menjadi 0-6.

Hingga wasit Arda Kadesler meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, maka Belanda menutup perjalanan Kualfikasi Piala Eropa 2024 dengan kemenangan besar.

Dengan hasil ini membuat Belanda berada di peringkat 2 Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan torehan nilai 18 dari 6 kemenangan dan 2 kali alami kekalahan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U17 2023 Hari ini, Derbi Amerika Latin dan Spanyol Melawan Jepang Tersaji di Manahan

Hasil ini juga tidak berpengaruh sama sekali karena Belanda sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024 yang akan berlangsung di Jerman. ***

 

Berita Terkait