DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hasil MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia Juara Dunia Back to Back, Jorge Martin Menangis Usai Tabrak Marquez

image
Francesco Bagnaia menjadi juara dunia untuk kedua kalinya usai meraih podium utama di MotoGP Valecina 2023 di Ricardo Tormo Circuit Valencia, Spanyol Minggu 26 November 2023

ORBITINDONESIA.COM – Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2023 untuk kedua kalinya di MotoGP Valencia 2023, sementara Jorge Martin menjalani hari kurang beruntungnya akibat kesalahan super fatal yang dia ciptakan.

Balap MotoGP Valencia 2023 benar bertabur tangis, keceriaan dan drama yang terjasi sejak putaran pertama di Ricardo Tormo Circuit Valencia, Spanyol Minggu 26 November 2023 waktu setempat.

Mulai dari berjatuhannya sejumlah pebalap hingga kesalahan fatal yang dilakukan pebalap Pramac Racing Jorge Martin yang membuat balapannya tidak keruan hingga akhirnya hanya dapat menangis di pojokan paddock.

Baca Juga: Pekan ke 20 BRI Liga 1: Ciro Alves Hattrick, Persib Bandung Pesta Gol ke Gawang Dewa United

Tanda tanda dari bencna Jorge Martin sudah terlihat sejak putaran ketiga dimana dirinya sempat menyeruduk bagian belakang Francesco Bagnaia.

Ketika balapan dimulai dengan drama intensitas yang sangat tinggi kala Jorge Martin start dari posisi keenam langsung merangsek ke posisi dua dengan mengekor Francesco Bagnaia yang memimpin balapan.

Kurang beruntung bagi Marco Bezzecchi dirinya terjadi di putaran pertama pada sektor dua dan tampak kesakitan.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Ungguli Francesco Bagnaia

Berakhirnya Marco Bezzecchi balapan karena terjatuh membut Tim Mooney VR46 Racing hanya berharap pada hasil Luca Marini yang masih di luar 10 besar.

Pada tikungan 1, Jorge Martin melakukan kesalahan besar karena menyenggol Bagnaia di lap ketiga usai terjebak dalam slipstream dengan murid Valentino Rossi tersebut.

Beruntung, Bagnaia masih mampu kendalikan dan menjaga keseimbangan dengan terus memacu motot balapnya.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Piala Dunia U17 2023: Kejutan Maroko Berakhir, Mali Tantang Prancis di Semifinal

Sementara Jorge Martin melebar dan melorot hingga keluar 5 besar dan berada di posisi ke delapan, namun drama belum selesai, pebalap Spanyol ini kembali menjadi berita dan dirinya ada bencana sesungguhnya.

Jorge Martin yang baru saja beranjak ke posisi keenam, terlihat grasa grus dan berusaha menyalip mantan juara dunia 8 kali Marc Marquez yang berada di depannya.

Tetapi ketika melintasi tikungan 4, Jorge Martin menabarak ban belakang Marc Marquez hingga membuat Marquez alami highside hingga terseret ke areal gravel pasir berbatu.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Piala Dunia U17, Kalahkan Uzbekistan Prancis Tatap Semifinal

Jorge Martin pun kembali melebar dan kali ini terjatuh sekaligus pastikan balapannya terhenti dan hancur lebur karena ulahnya yang berambisi menjadi juara dunia.

Dalam tayangan ulang tidak ada yang salah dari Marquez karena dirinya masih tetap berada di jalur garis balapnya sendiri.

Jorge Martin yang salah hitung hitungan ketika melakukan overtake terhadap Marc Marquez, dirinya kemudian masuki paddock Pramac Racing dan terlihat menangis dipojokan tempat dirinya berisitrahat.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 11 Pegadaian Liga 2, PSIM Yogyakarta Melawan Malut United Berakhir Tanpa Pemenang

Hal ini sangat kontras dengan Francesco Bagnaia yang di ambang juara dunia usai dirinya mampu bertahan di tiga besar.

Sempat tersalip oleh dua pebalap Red Bull KTM, Brad Binder dan Jack Miller namun pebalap Italia tersebut masih bertahan di barisan terdepan.

Brad Binder mulai merosot ke posisi delapan dan berusaha masuk ke posisi enam besar namun overtakenya yang terlalu bahanya hingga tidak sengaja menyenggol adik Marquez yang juga penbalap Gresini Racing, Alex Marquez.

Baca Juga: Dewan Kota Barcelona Tangguhkan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Binder pun mau tidak mau mendapatkan hukuman turun satu tungkat akibat dianggap sembrono dalam balapan.

Masuki putaran ke 20, Jack Miller yang memimpin balapan melakukan kesalahan di tikungan 11 hingga oli motornya berceceran di lintasan.

Asa pebalap negeri kangguru tersebut untuk juara harus sirna, sementara Francesco Bagnaia maju k posisi terdepan.

Baca Juga: Truk Bantuan Bahan Bakar Mulai Masuki Jalur Gaza

Tidak berselang lama, giliran pebalap tim satelit Honda, LCR Honda, Alex Rins yang alamia kecelakaan di tikungan 1.

Setidaknya sudah ada lima pebalap yang jatuh, mereka adalah Augusto Fernandes, Jorge Martin, Jack Miller, Marc Marquez, dan Alex Rins

Manuver cantik yang ditunjukkan Fabio Di Giannantonio yang berhasil merangsek ke tiga besar dan menyalip Johann Zarco.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Menjadi yang Pertama

Dan balapan pun berakhir dengan hasil Francesco Bagnaia berada di posisi pertama, Fabio Di Giannantonio dan Johann Zarco di peringkat dua dan tiga.

Namun sayang bagi Fabio Di Giannantonio yang dihukum penalti 3 detik akibat pelanggaran tekanan ban dan harus puas berada di peringkat 4.

Akibat hukuman ini, membuat podium pun berubah dimana Johann Zarco berada di urutan kedua dan Brad Binder yang semula di peringkat 4 naik ke podium 3.

Baca Juga: BRI Liga 1: Imbas Rusuh Suporter Gresik United, Laga Persebaya Surabaya Melawan PSIS Semarang Resmi Ditunda

Hasil Race MOTOGP Valencia 2023

 
1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 40 menit 58,535 detik
2. Fabio Di Giannantonio (Gresini) +0,176 detik*
3. Johann Zarco (Prima Pramac) +0,360
4. Brad Binder (Red Bull KTM) +2,347
5. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF Aprilia) +4,636
6. Alex Marquez (Gresini) +4,708
7. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +4,736
8. Aleix Espargaro (Aprilia) +8,014
9. Luca Marini (Mooney VR46 Racing) +9,486
10. Maverick Vinales (Aprilia) +10,556 ***

 

Berita Terkait