DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hasil Sprint Race MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Ungguli Francesco Bagnaia

image
Jorge Martin menjadi yang pertama dalam sesi Sprint Race MotoGP Valencia 2023 ungguli Francesco Bagnaia yang harus puas berada di peringkat lima

ORBITINDONESIA.COM – Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin memperpanjang asa untuk menjadi juara dunia setelah menangi Sprint Race MotoGP Valencia 2023.

Jorge Martin menjuarai sesi Sprint Race MotoGP Valencia 2023 yang digelar Ricardo Tormo Circuit Valencia Spanyol Sabtu 25 November 2023.

Pendekatan agresif sejak awal khas Jorge Martin membuahkan hasil poin penuh dan memaksa juara bertahan Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo berjuang hingga akhir.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Menjadi yang Pertama

Francesco Bagnaia sejatinya sudah mencoba dengan start yang bagus membuat pebalap dengan nomor motor 1 ini memimpin di tikungan pertama.

Sayangnya tak berselang lama, Francesco Bagnaia melebar sehingga tempat pertama diisi oleh Maverick Vinales dari Aprilia Racing.

Sementara itu dari posisi star keenam, Jorge Martin segera merebut posisi ketiga dengan memasang taktik menyerang dengan ban belakang lunak yang paling cepat dibawa ke temperatru kerja.

Baca Juga: Hasil MotoGP Qatar 2023, Fabio Di Giannantonio Menjadi yang Pertama Kalahkan Bagnaia, Jorge Martin Finis ke 10

Jorge Martin tidak butuh lama untuk menyalip Bagnaia dari sisi dalam walau dapat dibalas. Duel ini membuat Jorge Martin dan Francesco Bagnaia keluar dari jalur ideal.

Brad binder dari Red Bull KTM dan Marc Marquez Repsol Honda menyelinap untuk mengisi posisi tiga besar.

Posisi Marc Marquez berada diurutan ketiga tidak bertahan lama usai disalip Jorge Marin yang telah kalahkan Bagnaia dalam duel, sementara Bagnaia tertahan di peringkat kelima.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2023, Jorge Martin Menjadi yang Tercepat, Posisi Bagnaia Terancam

Jarak antara Bagnaia dan Marquez bahkan melebar hingga 1 detik dalam tiga lap, Bagnai kembali telat panas karena memilih pendekatan pragamtis dengan kombinasi ban jenis medium.

Adapun Marc Marquez dan Brad Binder seperti Jorge Martin yang memilih ban jenis lunak dalam Sprint Race ini.

Francesco Bagnaia justru lebih dekat dengan rombongan pebalap di belakangnya, pada putaran kelima, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha mencoba menyalip namun terjatuh sendiri.

Baca Juga: BRI Liga 1: Imbas Rusuh Suporter Gresik United, Laga Persebaya Surabaya Melawan PSIS Semarang Resmi Ditunda

Persaingan lebih panas terjadi di grup terdepan dimana Binder dapat memangkas jarak dengan Maverick Vinales untuk mencoba overtake namun belum berhasil.

Jorge Martin dan Marc Marquez masih kalem tepat berada di depan mereka, Binder akhirnya menyalip Vinales pada putaran ke 7, Marquez pun tak mau kalah dengan mencoba menyusul Jorge Martin untuk podium ketiga.

Marquez begitu dekat, ban depannya sempat terlihat menyentuh bahu kiri Jorge Martin hingga baju balapnya alami lecet.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Piala Dunia U17 2023, Jerman Kalahkan 10 Pemain Spanyol dan Melangkah ke Semifinal

Seakan sadar diri, mantan juara dunia 8 kali ini tidak paksakan manuvernya sehingga tetap berada di posisinya.

Persaingan tersebut justru menguntungkan Francesco Bagnaia yang mulai menemukan kecepatannya, dirinya memangkas jarak hingga hanya berjarak setengah detik dari Marquez dengan sisa 6 putaran lagi.

Jorge Martin pun merespon dengan naik dua posisi dalam satu putaran pada lap ke 8, dan Vinales menjadi kroban pertama sebelum Brad Binder di Tikungan 10.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Valencia 2023: Johan Zarco Menjadi yang Tercepat Ungguli Jorge Martin

Jorge Martin mulai stabil dii posisi pertama, untuk sementara hanya Binder yang paling berpeluang untuk menyalipnya sementara Marquez yang merebut posisi ketiga terpaut cukup jauh.

Sementara itu, Bagnaia malah makin jauh dengan Maverick Vinales yang berada di posisi keempat, Nuvola Rossa masih lebih dekat dengan pebalap di belakangnya masih ada Fabio namun kali ini Di Giannantonio dari Gresini Racing.

Situasi tidak berubah hingga akhir, Jorge Martin dapat mengunci posisi pertama yang diikuti oleh Binder dan Marquez di urutan kedua dan ketiga.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 20 BRI Liga 1: Bungkam RANS Nusantara FC, Persita Tangerang Sukses Jauhi Zona Degradasi

Hasil di Ricardo Tormo Circuit Valencia ini menjadi kemenangan kesembilan Jorge Martin dalam sesi Sprint Race MotoGP.

Dengan hasil ini membantu Jorge Martin pangkas jarak poin dengan Bagnaia yang berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2023 menjadi 14 poin dari semula 21 poin. ***

 

Berita Terkait