DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Survei Ipsos: Prabowo-Gibran 42,66 Persen, Ganjar-Mahfud MD 22,95 Persen, dan Anies-Muhaimin 22,13 Persen

image
Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) memasangkan jaket kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan).

ORBITINDONESIA.COM – Elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 42,66 persen atau tertinggi di antara dua pesaingnya mereka, menurut hasil survei  Ipsos Public Affairs.

Hasil survei Ipsos yang dirilis oleh Deputi Direktur Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti di Jakarta, Senin 11 Desember 2023 menyebut, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD 22,95 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,13 persen.

Pengamat politik dari Ipsos Public Afffairs Arif Nurul Imam menambahkan, profil menarik adalah pada mereka yang masih belum menentukan pilihan yaitu 12,26 persen.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Dari jumlah yang belum menentukan pilihan itu, sebesar 9,15 persennya adalah pemilih Jokowi-Ma’ruf, dan 1,25 persen adalah pemilih Prabowo-Sandi.

“Paska resmi berpasangan ketiga pasangan calon terjadi perubahan signifikan. Prabowo-Gibran melonjak signifikan, Ganjar-Mahfud terjun bebas dan Anies-Muhaimin naik tipis,” ujarnya.

Menurut Arif, melonjaknya elektabilitas Prabowo-Gibran dipicu persepsi publik bahwa dukungan Jokowi hampir pasti diberikan kepada Prabowo-Gibran, sehingga menjadi magnet bagi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin 2019 untuk memberikan dukungan.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Secara alamiah, elektabilitas Ganjar-Mahfud MD merosot signifikan karena sebaian besar basis massa pendukung mengalihkan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Bila pemilih yang belum menentukan pilihan, tersebar secara merata di ketiga pasangan calon, atau lebih besar kepada pasangan Ganjar-Mahfud atau Anies-Muhaimin, katanya, pemilihan presiden akan berlangsung dua putaran.

“Jika ternyata dalam dua bulan ke depan paslon nomor dua bisa menarik sebagian besar dari undecided voters yang memilih Jokowi -Ma’ruf Amin di 2019, bisa dipastikan pilpres akan berlangsung satu putaran,” tuturnya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Survei ini digelar pada tanggal 19 - 28 November 2023 di 34 Provinsi di Indonesia.

Jumlah sampelnya sebanyak 2000 responden, usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Adapun survei dilakukan dengan metode multistage random sampling, wawancara tatap muka menggunakan aplikasi Ipsos iField Computer-Assisted Personal Interviews (CAPI). Margin Error : ±2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Berita Terkait