DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perkumpulan Penulis SATUPENA Hadirkan Neng Dara Affifah dalam Diskusi Hak Asasi Manusia dan Pembaruan Islam

image
SATUPENA hadirkan diskusi tentang Islam dan hak asasi manusia.

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Islam dan hak asasi manusia, serta seberapa penting kaitannya dengan pembaruan Islam.

Obrolan Hati Pena #114 tentang HAM dan pembaruan Islam itu akan berlangsung di Jakarta, pada Kamis, 14 Desember 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi tentang HAM dan pembaruan Islam itu adalah Dr. Neng Dara Affiah MSi, dosen Universitas Isam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Panitia diskusi menyatakan, agama-agama hadir di masyarakat dengan membawa seperangkat nilai yang disebut sebagai “kebaikan”. Dan tentu, manusia menjadi subjek maupun objek yang sentral dalam hal ini.

Konsensus kebaikan ini kemudian berkembang sedemikian rupa hingga membentuk konsensus global yang salah satunya berwujud sebagai hak ssasi manusia.

Islam pun memiliki klaim besar terhadap kemanusiaan dan hak-hak asasi manusia, meski pada detailnya masih menyisakan banyak perdebatan.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Isu-isu hak perempuan, hak anak, radikalisme, kekerasan, menjadi bagian dari perdebatan panjang di seputar Hak Asasi Manusia dalam perspektif Islam.

Isu-isu inilah yang menjadi perhatian penting dari Neng Dara Affiah, seorang pemikir muslimah yang lahir dari kalangan pesantren ini.

Ini dituangkan dalam buku terakhirnya: “Kemanusiaan dan Pembaruan Masyarakat Muslim Indonesia.”

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Melalui buku ini, Neng Dara juga melihat persoalan-persoalan kebangsaan Indonesia, termasuk pergulatan pemikiran di antara kelompok-kelompok Islam yang ada.

Posisi, keilmuan, serta pengalaman Neng Dara sebagai santri, aktivis perempuan, pemikir keislaman, serta akademisi menjadi racikan perspektif yang sangat menarik dalam melihat berbagai persoalan kebangsaan kita.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena114. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. ***

Berita Terkait