DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Agar Sukses Secara Finansial, Denny JA Dorong Penulis Masuk ke Industri Film

image
Denny JA

ORBITINDONESIA.COM - Para penulis sudah waktunya punya koneksi ke industri, terutama film agar mereka berpeluang untuk sukses secara finansial.

“Hal ini yang membuat saya masuk ke industri film,” kata Denny JA pada diskusi film Sapu Tangan Fang Yin pada hari terakhir Festival Puisi Esai Jakarta 2023,  di PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa 19 Desember 2023.

Denny mencontohkan JK Rolling, penulis Harry Potter. Setelah JK Rolling masuk ke industri film, ia sukses besar di bidang finansial. Dia termasuk perempuan penulis paling kaya di dunia sekarang ini.

Saputangan Fang Yin adalah karya Denny JA. Awalnya, cerita ini ditulis dalam bentuk puisi esai. Lalu difilmkan dengan sutradara Hanung Bramantyo.

“Ini adalah langkah awal saya masuk ke industri film,” katanya.

Sekarang Denny tengah menjalin kerja sama dengan Produksi Film Negara (PFN) memproduksi film “Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu.” 

Film ini diangkat dari puisi esai Denny JA berjudul “Kutunggu di  Setiap Kamis.”

Pada Festival Puisi Esai kemarin, panitia memutarkan film Sapu Tangan Fang Yin  di PDS HB Jassin. Para penonton banyak yang menitikan air mata setelah menonton film tersebut.

“Saya pun masih menangis setelah menonton film tersebut,” katanya.

Sapu Tangan Fang Yin bercerita tentang dampak kerusuhan Mei 1998. Ketika itu banyak warga etnis Tionghoa yang menjadi korban. Sebagian dari mereka terpaksa mengungsi ke Amerika Serikat. Hidup di sana sampai belasan tahun. Fang Yin adalah salah satu dari mereka.

Lalu Fang Yin yang memang orang Indonesia itu, tetap merindukan Indonesia dan berusaha kembali ke tanah air.

Terjadi konflik batin pada Fang Yin. Apakah dia  tetap bertahan di Amerika atau kembali Indonesia, negara yang dicintainya sekaligus benci para perilaku orang-orang yang mengusirnya dari tanah air.

Dilemma ini yang membuat film ini menjadi mengharukan.

Festival Puisi Esai Jakarta 2023 berlangsung  Senin dan Selasa, 18-19 Desember 2023 di PDS HB Jassin. Pada acara ini diselenggarakan 3 panggung dialog, dengan menampilkan para  penyair, akademisi, dan peminat sastra lainnya. ***

Berita Terkait