DECEMBER 9, 2022
Nasional

Ganjar Mengaku Dapat Banyak Masukan untuk Debat Ketiga Capres

image
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo usai menghadiri "Launching KTP Sakti" di Lapangan Bangsalan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

ORBITINDONESIA.COM - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku mendapat banyak masukan terkait bidang pertahanan dan hubungan luar negeri, yang merupakan tema debat ketiga capres Pemilu 2024.

"Kami bertemu tim memang terus menerus. Jadi, banyak masukan dari Komisi I DPR RI ada problem pertahanan dan alutsista (alat utama sistem persenjataan)," kata Ganjar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 30 Desember 2023.

Selain soal pertahanan, Ganjar juga menerima masukan terkait berbagai persoalan hubungan luar negeri, di antaranya tentang organisasi dunia, perbatasan, perang, pengungsi, dan sikap Indonesia dalam menghadapi isu-isu tersebut.

"Jadi, sudah disiapkan. Insyaallah siap," tegas Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengaku optimistis untuk menjalani debat pada 7 Januari 2024 mendatang, meskipun berhadapan rivalnya yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Saya sangat optimistis. Kalau soal menguasai debat, keputusannya sesuai atau tidak. Kita tidak bisa lagi berbicara pertahanan kita, tetapi belinya pesawat bekas," katanya.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 mengangkat tema tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Sebelumnya, KPU RI telah menggelar debat pertama capres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12).

Tema debat pertama capres itu adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Kemudian, pada Jumat (22/12), KPU menggelar debat kedua cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.***

Sumber: Antara

Berita Terkait