DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Wagub Sumatra Barat Minta Satupena Urus Hak Kekayaan Intelektual IMLF

image
Wagub Sumatra Barat bertemu dengan panitia IMLF ke-2 yang dipimpin Sastri Bakry, di ruang kerja Wagub, 3 Januari 2024.

ORBITINDONESIA.COM - Wakil Gubernur Sumatra Barat Audi Joinaldy minta DPD Satupena Sumatera Barat mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk kegiatan International Minangkabau Literation Festival (IMLF).

Tujuannya, agar nama kegiatan literasi berbagai bidang tingkat internasional ini menjadi permanen dan bisa secara berkelanjutan tiap tahun dengan nama yang sama. Berbagai kegiatan yang diadakan dalam IMLF membantu pemerintah mengembangkan dan memajukan industri pariwisata Sumatra Barat.

“Mencermati dampak positif kegiatan IMLF untuk pertama kali digelar Februari 2023, maka sejak awal saya sarankan agar IMLF digelar setiap tahun, sehingga bisa menjadi kalender kegiatan beberapa OPD di Sumatra Barat, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Kebudayaan,” kata Audy, ketika menerima audiensi panitia IMLF ke-2, Rabu, 3 Januari 2023 di ruang kerjanya. 

Baca Juga: Liga Champions: Disiarkan Langsung SCTV Kamis Dini Hari WIB, Real Madrid Melawan Bayern Muenchen

Audi Joinaldy didampingi Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianta, Kepala Dinas Pendidikan Barlius, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Sumbar Endang Kurniadi, dan Kepala Dinas Kebudayaan diwakili Yanti.

Sedangkan dari panitia IMLF 2024 hadir Ketua Panitia yang juga Ketua DPD Satupena Sumatra Barat Sastri Bakry, Wakil Ketua Yurnaldi, Ketua Bidang Seminar, peneliti dan dosen Zusnely Zubir dan Rita Novita, Henni Rahmani, dan Bendahara Raden Rita Maimunah.

 Audi menjelaskan, karena IMLF yang pertama sukses dan dihadiri peserta dari 12 negara, dan dengan beragam kegiatan literasi dan menggerakan ekononi kreatif, maka IMLF yang semula direncanakan DPD Satupena Sumbar sekali dua tahun, minta dilaksanakan tiap tahun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tanggapi Santai Fotonya Hilang di Kantor DPD PDIP Sumatra Utara

“Pokoknya, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat sangat mendukung dan siap memfasilitasi,” tandas Audi.

IMLF yang pertama dipusatkan di Kabupaten Agam dengan melibatkan Kemendagri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kota Padangpanjang untuk satu-dua kegiatan. Sedangkan IMLF kedua sudah dipastikan dipusatkan di Kabupaten Tanahdatar.

Sejumlah kegiatan juga dilaksanakan di Pemerintah Provinsi, khususnya di Istana Gubernur Sumbar, Pemerintah Kota Padang, di PPSDM Kabupaten Agam.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Amankan 2 Warga Negara Asing Asal Nigeria dan Kamerun

Untuk IMLF ke-3 tahun 2025 bisa pula dipusatkan ke Kota Sawahlunto, kota yang menjadi Warisan Dunia dan didukung tetangga, seperti Kabupaten Sijunjung.

Bahkan, Kabupaten Mentawai yang sudah mendunia pariwisata, tapi literasinya masih terbatas, bisa pula jadi pusat kegiatan IMLF.

"Mungkin melihat dampak IMLF yang luar bisa untuk tumbuh kembangnya literasi di berbagai bidang dan ekonomi kreatif, dan pariwisata, bisa saja kabupaten/kota di Sumbar menawarkan diri dan siap mendukung,” jelas Audi.

Baca Juga: China Minta Israel Hentikan Serang Rafah

Audi berharap, kesenian Kabupaten Kepulauan Mentawai, daerah terluar Indonesia di kawasan barat, bisa diperkenalkan pada IMLF ke-2.

Ketua Panitia IMLF Sastri Bakry mengakui, peserta dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia juga mendesak Ketua DPD Satupena Sumatra Barat itu menggelar IMLF tiap tahun.

“Jika tahun 2023 IMLF diikuti peserta dari 12 negara, maka IMLF 2024 per Desember 2023 sudah 15 negara menyatakan ikut. “Menjelang hari pelaksanaan IMLF 2024 tanggal 8-12 Mei 2024 mendatang, kemungkinan masih ada negara yang mau ikut,” jelas Sastri.

Baca Juga: Piala Asia Putri U17: Jepang Menang Telak Melawan Thailand

Untuk IMLF ke-2 tahun 2024 ini, lanjut Sastri, tema kegiatan adalah “Cultural Literacy for Peace and Prosperity”, dengan tujuan meningkatkan budaya literasi dan literasi budaya. Saling berbagi pengalaman tentang dunia literasi di bidang sastra, pendidikan, seni, budaya dan ekonomi kreatif, dan dunia internasional.

Membantu menumbuhkembangkan interaksi dalam budi pekerti dan peradaban untuk kedamaian dan kesejahteraan. Kemudian, mempromosikan dan mengenalkan lingkungan Minangkabau dengan obyek wisatanya.

“Sasaran kegiatan IMLF 2024 adalah penulis seluruh Indonesia, seniman, sastrawan, budayawan, dan wartawan, serta intelektual dari mancanegara dan juga dari Indonesia. Pegiat literasi, rumah baca, Taman Bacaan Masyarakat yang tumbuh di tengah masyarakat, Penerbit buku dan Pustakawan dari Ikatan Pustakawan Indonesia. Dosen dan peneliti, serta mahasiswa dan siswa juga dilibatkan,” jelas Sastri.

Baca Juga: Liga Champions: Mats Hummels Bawa Borussia Dortmund ke Final

Sastri juga sukses menggelar Wara Wiri Feskraf  di Taman Mini Indonesia Indah, Desember 2023.***

Sumber: Siaran Pers Panitia IMLF ke-2

Berita Terkait