DECEMBER 9, 2022
Buku

Ucapan Penulis Ternama Umberto Eko tentang Buku dan Perpustakaan Pribadi

image
Penulis Umberto Eco (foto: Istimewa)

ORBITINDONESIA.COM - Penulis ternama Umberto Eco, yang memiliki 50.000 buku, mengatakan hal-hal berikut tentang buku dan perpustakaan pribadi.

"Bodoh berpikir bahwa Anda harus membaca semua buku yang Anda beli, sama bodohnya dengan mengkritik mereka yang membeli lebih banyak buku daripada yang akan pernah mereka baca," kata Umberto Eco.

"Itu seperti mengatakan bahwa Anda harus menggunakan semua peralatan makan, gelas, obeng, atau mata bor yang Anda beli sebelum membeli yang baru," lanjut Umberto Eco.

Baca Juga: Kitab Al Hikam, Buku Tasawuf Tingkat Tinggi Karya Syekh Ibnu Atha’illah yang Tokoh Tarekat Syadziliyah

"Ada hal dalam hidup yang perlu selalu memiliki banyak persediaan, meskipun kita hanya akan menggunakan sebagian kecil," ujarnya.

"Jika, sebagai contoh, kita anggap buku sebagai obat, kita akan mengerti bahwa lebih baik memiliki banyak di rumah daripada sedikit: ketika Anda ingin merasa lebih baik, Anda pergi ke 'lemari obat' dan memilih buku," tuturnya.

"Bukan sembarang buku, tetapi buku yang tepat untuk saat itu. Itulah mengapa Anda selalu harus memiliki pilihan gizi!" tegasnya.

Baca Juga: Ketika Sutradara Garin Nugroho Menulis Buku tentang Pemilu, Politik dan Pendidikan Warga Negara

" Mereka yang hanya membeli satu buku, hanya membaca itu dan kemudian membuangnya. Mereka hanya menerapkan mentalitas konsumen pada buku, yaitu, mereka menganggapnya sebagai produk konsumen, barang. Mereka yang mencintai buku tahu bahwa buku sama sekali bukanlah komoditas," ungkap Umberto Eco.

(Oleh: Armahedi Mahzar)

Sumber: Akun FB Armahedi Mahzar

Berita Terkait