DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Usai Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 142 Dunia

image
X @footyrankings

ORBITINDONESIA.COM – Tim nasional (timnas) Indonesia naik ke peringkat 142 dunia ersi FIFA setelah mengalahkan Vietnam di grup D Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat, 19 Januari 2024 malam WIB.

Demikian catatan laman X resmi @FootyRankings seusai pertandingan.

Dalam pertandingan itu, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pemain yang mencetak gol satu-satunya ke gawang Vietnam melalui tendangan penalti.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Saksikan Timnas Indonesia Melawan Vietnam Jumat Malam Pukul 21.30 WIB di RCTI

Indonesia menang 1-0 melawan Vietnam.

Kemenangan ini membuat Indonesia memperoleh tambahan 23,18 poin dan membuat poinnya yang semula 1053,60 menjadi 1076,78.

Tambahan poin ini menempatkan Indonesia melejit lima peringkat dari peringkat 147 ke peringkat 142 ranking FIFA.

Baca Juga: Piala Super Italia: Napoli ke Final!

Kekalahan dari Indonesia ini, membuat Vietnam turun empat peringkat dari semula peringkat 95 menjadi peringkat 99.

Kini, Vietnam memiliki poin 1205,90 setelah kekalahan melawan Indonesia.

Selain melesat di ranking FIFA, Indonesia juga naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D Piala Asia 2023 dengan tiga poin, mengoleksi poin yang sama dengan Jepang yang baru saja kalah 1-2 dari Irak pada pertandingan kedua.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Ribuan WNI Pastikan Dukung Langsung Timnas Indonesia Melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa

Hal ini membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar.

Terlebih, Indonesia kini juga menjadi pemuncak klasemen sementara di tim peringkat ketiga terbaik dengan raihan tiga poin.

Indonesia meninggalkan lawan-lawannya di klasemen peringkat tiga terbaik karena pesaing-pesaingnya seperti Tajikistan (Grup A), Syiria (Grup B), dan Palestina (Grup C) yang sudah memainkan dua laga, baru mengoleksi satu poin.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Menilai Keberuntungan Warnai Kemenangan Timnas atas Vietnam 1-0

Bahrain (Grup E) dan Oman (Grup F) yang baru memainkan satu pertandingan penyisihan grup belum memperoleh poin sama sekali.

Pada pertandingan terakhir penyisihan grup, Indonesia akan bertanding melawan Asia Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait