DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Perhelatan Grebeg Sudiro akan Berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah, Mulai Sabtu Ini

image
Ilustrasi - Lampion Imlek mulai terpasang di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita

ORBITINDONESIA.COM - Kota Solo, Jawa Tengah bersiap menyelenggarakan perhelatan Grebeg Sudiro. Rangkaian acara pada Grebeg Sudiro akan berlangsung mulai Sabtu, 27 Januari 2024 ini.

Grebeg Sudiro adalah sebagai rangkaian peringatan Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Lurah Sudiroprajan Asthywiana S Leo di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 26 Januari 2027, mengatakan, salah satu acara Grebeg Sudiro, yakni Umbul Mantram diselenggarakan di Halaman Kelurahan Sudiroprajan.

Menurut dia, acara tersebut merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan.

Baca Juga: Solo Safari Sajikan Konsep Berbeda untuk Melihat Satwa-satwanya

"Pada Umbul Mantram tersebut akan ada kirab sebagai wujud doa. Kirab akan membawa gunungan yang berisi hasil bumi, kemudian akan ada kembul bujono," katanya.

Menurut dia, pada acara tersebut panitia penyelenggara akan memperoleh pendampingan dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah. Selain itu, acara juga akan dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kota Manado.

Selanjutnya, acara lain yang menjadi bagian dari rangkaian Grebeg Sudiro yakni karnaval budaya. Rencananya karnaval budaya ini akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca Juga: Kota Solo Siapkan 13 Titik Hiburan Pada Malam Tahun Baru

Selain itu, akan ada Bazar UMKM dan wisata perahu yang rutin diadakan setiap penyelenggaraan Grebeg Sudiro. Ia mengatakan nantinya dua acara ini akan berlangsung pada tanggal 28 Januari-10 Februari 2024.

"Ini menjadi daya tarik pada Grebeg Sudiro. Untuk perahu wisata ini tiketnya masih sama, yakni Rp10.000," katanya.

Sebagai penutup, dikatakannya, akan diselenggarakan Heritage and Harmony Grebeg Sudiro. Penutupan tersebut akan diselenggarakan di Convention Hall Tirtonadi pada tanggal 22 Februari.

Baca Juga: Pedagang Daging Anjing di Solo Ingin Bertemu Pemerintah untuk Bahas Kelanjutan Usaha

Sementara itu, Grebeg Sudiro yang tahun ini memasuki usia ke-15 tersebut masuk ke dalam Karisma Event Nusantara.

"Penyelenggaraan ini jadi wadah budaya dari berbagai lapisan masyarakat, tahun ini kami masuk jadi salah satu dari 100 top event nasional dalam program Kemenparekraf. Bersama empat event lain di Solo, kami ikut bergabung Karisma Event Nusantara," katanya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait