DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Asia 2023: Iran Maju ke Semifinal Usai Singkirkan Jepang

image
Ilustrasi Piala Asia 2023. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Iran maju ke semifinal usai menang melawan Jepang dengan gol penalti di menit-menit akhir. pertandingan

Iran menang 2-1 melawan Jepang dalam pertandingan di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Sabtu 3 Februari 2024 malam WIB.

Jepang unggul lebih dulu lewat Hidemasa Morita di babak pertama sebelum Iran membalikkan keunggulan melalui dua gol Mohammad Mohebi di babak kedua.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Tundukkan Arab Saudi 4-2, Korea Selatan Melaju ke Perempat Final

Jalannya pertandingan Iran melawan Jepang:

Jepang langsung mendominasi begitu pertandingan berlangsung. Iran kesulitan keluar dari tekanan, harus mengandalkan serangan balik.

Jepang unggul terlebih dahulu pada menit ke-28 lewat Hidemasa Morita. Ia menusuk ke dalam kotak penalti dengan lewati tiga hadangan lawan, tembakannya masih bisa ditepis kiper Beiranvand. Namun, bola melambung dan tetap masuk ke dalam gawangnya Iran. Skor menjadi 1-0.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Usai Taklukkan Suriah 5-3 Lewat Adu Penalti, Iran Akan Hadapi Jepang di 8 Besar

Tertinggal satu gol, Iran coba membalas, salah satunya lewat tendangan Ghoddos pada menit ke-38, tetapi tembakannya masih menyamping tipis dari sasaran. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 Jepang atas Iran.

Babak kedua langsung terbuka. Iran coba lebih menekan, tetapi Jepang masih bisa menguasai bola.

Iran akhirnya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-55, yang dilesakkan Mohammad Mohebi. Permainan tekanan tinggi akhirnya membuat Jepang kehilangan bola di depan kotak penalti. Mohebi kemudian menerima umpan terobosan yang kemudian bisa dituntaskannya menjadi gol. Jepang 1-1 Iran.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Lewat Perpanjangan Waktu, Korea Selatan Akhirnya Tundukkan Australia 2-1

Iran sempat menambah gol pada menit ke-65 lewat Azmoun lewat sepakannya mendatarnya. Sayangnya pemain AS Roma itu sudah berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Pada menit ke-72, Azmoun nyaris bikin gol. Sundulannya dari depan gawang hanya melenceng tipis. Gantian Ezatolahi lakukan tembakan akrobatik dari depan kotak penalti, tetapi masih mengarah ke Suzuki.

Penalti buat Iran pada menit ke-90+3, Kanaanizadegan dijatuhkan Itakura di depan gawang saat menyambar bola liar. Wasit sempat mengecek VAR dan wasit tetap menunjuk titik putih.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Menang Adu Penalti 3-2 Lawan Uzbekistan, Timnas Qatar Lolos ke Semifinal

Mohebi maju jadi algojo dan sukses menaklukkan Suzuki, meski kiper Jepang itu bisa menebak arah arah bola. Iran secara dramatis sukses menyingkirkan Jepang dengan skor 2-1.

Susunan pemain:

Iran (4-2-3-1): Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian, Hossein Kanaanizadegan, Shojae Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Saman Ghoddos (Chesehmi 90+8'), Saeed Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Omid Ebrahimi, Mohammad Mohebi (Torebi 90+8'), Sardar Azmoun (Ansarifard 90+9).

Baca Juga: Piala Asia U23: Singkirkan Vietnam, Irak Melawan Jepang di Semifinal

Jepang (4-1-4-1): Zion Suzuki, Seiya Maikuma, Kou Itakura, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Ito, Takefusa Kubo (Mitoma 67'), Wataru Endo, Hidemasa Morita (Hosoya 90+9'), Ritsu Doan (Asano 90+8'), Ayase Ueda, Daizen Maeda (Minamino 67'). ***

Sumber: Antara

Berita Terkait