DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Kedutaan Besar RI di Canberra Kenalkan Tari Indonesia di Festival Budaya Australia

image
Tim kesenian dari KBRI Canberra dan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FPBS UNJ) usai tampil dalam Festival Multikultural Nasional 2024 di Canberra, Australia, Sabtu 17 Februari 2024. (ANTARA/HO-KBRI Canberra)

ORBITINDONESIA.COM - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia, menghadirkan seni tari dari berbagai daerah dalam Festival Multikultural Nasional 2024 yang diselenggarakan pemerintah setempat pada Sabtu 17 Februari 2024.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra Mukhamad Najib mengatakan, ia menampilkan kesenian tari saman dari Aceh, tari randai dari Sumatra Barat, dan pentas Lutung Kasarung dari Jawa Barat.

Najib menjelaskan, pertimbangan untuk menampilkan kesenian dari ketiga daerah tersebut adalah supaya masyarakat dunia semakin mengenal kebudayaan Indonesia yang beragam selain hanya budaya Bali yang sudah masyhur.

Baca Juga: Dalam Beberapa Hari Ini, Dua Warga Indonesia Pemegang Work and Holiday Visa dan Satu Mahasiswi Meninggal Dalam Insiden di Australia

“Tentu Bali sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia, tapi Indonesia bukan hanya Bali. Kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah juga penting untuk dikenalkan kepada masyarakat dunia,” kata Najib dalam pernyataan tertulisnya.

“Oleh karena itu, untuk festival tahun ini kami menampilkan budaya Sunda, Minangkabau, dan Aceh,” ujarnya.

KBRI Canberra secara khusus mengundang tim kesenian dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta untuk tampil dalam Festival Multikultural Nasional 2024. Selain itu, tim kesenian KBRI Canberra turut berkontribusi dalam penampilan tari saman.

Baca Juga: Piala Asia U23: Indonesia Lawan Australia Disiarkan Langsung Oleh RCTI Kamis Malam Ini: Justin Hubner Perkuat Timnas

Najib menyebut, penonton yang memadati lokasi acara di Canberra Centre menyambut meriah dan amat terhibur dengan penampilan kesenian dari Indonesia.

Pentas Lutung Kasarung, khususnya, juga menjadi salah satu daya tarik peserta yang memadati festival itu, katanya.

Festival budaya tahunan terbesar di ibu kota Australia itu berlangsung pada 16 sampai 18 Februari 2024 dan diikuti oleh berbagai perwakilan negara di Canberra, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia U23: Australia Melawan Yordania Imbang

Selain menampilkan seni tari, KBRI Canberra juga membuka stan Indonesia untuk memperkenalkan beragam destinasi wisata dan makanan Indonesia serta prosedur pengajuan visa Indonesia kepada masyarakat setempat. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait