DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PSSI akan Sosialisasikan Pemeriksaan VAR ke Peserta Liga 1

image
Monitor Video Asisstent Referee (VAR) yang digunakan oleh wasit utama dalam pertandingan uji coba pengaplikasian video assistent referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu 17 Februari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menyosialisasikan VAR (video assisten referee) kepada pemain, pelatih, ofisial, dan tim peserta BRI Liga 1 2023/2024.

Pemeriksaan atau VAR checking adalah prosedur wasit dalam memeriksa kembali insiden di lapangan.

Hal itu meliputi pengambilan keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Baca Juga: Liga Italia: Inter Milan Kian Kukuh di Puncak Klasemen Sementara

"Setiap kali sebelum kompetisi, akan ada sosialisasi (VAR). Jadi, sasarannya pasti pemain, pelatih, tim ofisial dan manajemen anggota," kata Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu 17 Februari 2024.

Operator liga PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI mengadakan uji coba VAR tahap ketiga.

Delapan kamera yang dipasang di sejumlah titik lapangan digunakan dalam uji coba yang mempertandingkan klub sekolah sepak bola (SSB) lokal.

Baca Juga: Liga 1: Inilah Jadwal Championsip Series Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United

Nantinya simulasi tahap ketiga ini akan menjadi bagian proyeksi penggunaan VAR untuk Liga 1 2023/2024.

Ratu Tisha menjelaskan, pemakaian VAR masih harus melalui beberapa tahap, salah satunya tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

VAR sudah dapat dijalankan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait