DECEMBER 9, 2022
Internasional

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak Ingin Kembangkan Kemitraan Strategis Bersama Prabowo Subianto

image
Arsip - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. (ANTARA/Simon Dawson/Handout via Xinhua/tm/am)

ORBITINDONESIA.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dalam surat yang disampaikan oleh Duta Besar Inggirs untuk RI Dominic Jermey, mengatakan, ia ingin mengembangkan kemitraan strategis sejati bersama Prabowo Subianto.

Dalam surat yang diunggah pada akun Instagram resmi Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia @ukinindonesia, Sunak secara khusus menulis sapaan "Pak Prabowo".

Sunak mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden 2024.

Baca Juga: Dubes Inggris Dominic Jermey Temui Prabowo Subianto, Ucapkan Selamat atas Kesuksesan Pemilu 2024

Pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris, Sunak menyatakan gembira bahwa kedua negara telah mencapai banyak kemajuan melalui Peta Jalan Inggris-Indonesia.

"Saya berharap kita dapat mengembangkan hubungan bilateral lebih jauh lagi menjadi Kemitraan Strategis yang sejati, dengan mengutamakan kesejahteraan ekonomi dan keamanan, termasuk bekerja sama untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar Sunak.

Sunak mengatakan, ia dan Prabowo memiliki begitu banyak bidang kolaborasi bersama.

Baca Juga: Di Media Sosial Viral Susunan Kabinet Prabowo-Gibran 2024-2029, Betulkah Itu?

Ia juga berkomitmen untuk memperdalam hubungan perdagangan Inggris dan Indonesia serta mendukung permintaan Indonesia bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

"Inggris juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam isu-isu utama seperti perubahan iklim melalui kemitraan transmisi energi yang adil, dan peningkatan ikatan antarmasyarakat kedua negara juga merupakan prioritas," kata Sunak. ***

Berita Terkait