DECEMBER 9, 2022
Internasional

Kemlu Rusia Panggil Dubes Austria Werner Almhofer untuk Ajukan Protes, Usai Dua Staf Kedubes Rusia Diusir

image
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. ANTARA/Anadolu/aa.

ORBITINDONESIA.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis, 11 April 2024 mengatakan, pihaknya telah memanggil Duta Besar Austria di Moskow Werner Almhofer untuk mengajukan protes.

Protes dilakukan oleh Moskow sehubungan dengan keputusan pengusiran dua pegawai Kedutaan Besar Rusia oleh Austria.

“Pada 11 April Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil Duta Besar Austria di Moskow Werner Almhofer untuk memprotes keputusan tak berdasar Austria, yang menyatakan dua staf Kedutaan Besar Rusia "persona non grata”, demikian menurut pernyataan Kemlu Rusia.

Baca Juga: Menlu Sergey Lavrov: Rusia Siap Buat Perjanjian Damai Jujur dengan Ukraina yang Pertimbangkan Keamanan Moskow

Langkah tak bersahabat itu semakin memperburuk hubungan bilateral yang sedang mengalami kondisi krisis atas inisiatif pihak Austria sekaligus melukai otoritas Austria yang telah memposisikan dirinya sebagai negara netral dan platform diplomasi internasional, bunyi pernyataan tersebut.

“Duta Besar diberikan sebuah catatan yang memberitahukan bahwa sebagai langkah pembalasan, pihak Rusia menyatakan seorang staf Kedutaan Besar Austria di Rusia sebagai "persona non grata", katanya.

Pihaknya menambahkan, staf Austria tersebut harus meninggalkan Rusia paling lambat pada 18 April.

Baca Juga: Mao Ning: Hubungan Ekonomi China dengan Rusia Tidak Terkait Perang di Ukraina

Respons Moskow bukan hanya sebatas mengusir staf Kedubes Austria, demikian menurut pernyataan Kemlu Rusia. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait