DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Ratusan Pelajar SMP Negeri Dikerahkan Bersihkan Objek Wisata Pantai di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

image
Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Cisolok saat melakukan aksi bersih-bersih Pantai Karanghawu di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Kamis, 18 April 2024. ANTARA/Aditya Rohman

ORBITINDONESIA.COM - Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Cisolok dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih objek wisata pantai yang berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 18 April 2024.

"Aksi bersih-bersih pantai ini untuk menanamkan rasa peduli dan sadar untuk selalu menjaga kebersihan," kata Kepala SMPN 1 Cisolok Dadi Sugandi di Sukabumi, Kamis.

Menurut Dadi, pantai yang menjadi fokus aksi bersih-bersih ini yakni yang berada di wilayah Kecamatan Cisolok, salah satunya Pantai Karanghawu, yang menjadi ikon dan kebanggaan Kecamatan Cisolok.

Baca Juga: Pengunjung Objek Wisata Pantai Batu Kumbang, Mukomuko, Bengkulu Mencapai 8.000 Orang Saat Libur Lebaran

Keterlibatan anak sekolah dalam aksi bersih sampah serentak seperti ini dalam rangka menumbuhkan kepedulian pelajar dalam menjaga kebersihan, karena merupakan tugas semua pihak agar objek wisata tetap terjaga kebersihannya dari sampah-sampah, yang masih banyak ditemukan di sekitar pantai.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi terkait pentingnya jiwa korsa dan gotong royong. Bahkan ia merasa bangga, ternyata anak didiknya itu bersemangat saat dilibatkan langsung untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai.

"Tidak hanya guru dan pelajar saja yang terlibat dalam aksi ini, tetapi banyak orang tua siswa, pelaku usaha dan lainnya ikut dalam kegiatan tersebut, ini membuktikan kepedulian mereka terhadap lingkungan," tambahnya.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngurbloat di Maluku Tenggara Dikunjungi Ribuan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024

Dadi mengatakan, pihak sekolah merasa bangga telah ikut dilibatkan kegiatan dalam aksi ini, apalagi pada pelajar bersemangat. Meskipun cuaca cukup terik, tidak mengendurkan semangat mereka untuk membersihkan sampah yang ada di pantai atau objek wisata. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait