DECEMBER 9, 2022
Humaniora

PDI Perjuangan Mengenang Tumbu Saraswati, Perempuan Pemberani dan Hebat di Bidang Hukum

image
Tumbu Saraswati dalam kenangan PDI Perjuangan (Foto: PDIP)

ORBITINDONESIA.COM - Tumbu Saraswati, yang meninggal pada Kamis, 25 April 2024, dikenal sebagai aktivis kesetaraan gender dan pendiri Tim Pembela Demokrasi Indonesia atau TPDI.

Tumbu Saraswati berada di dalam TPDI, yang berisi kumpulan ahli hukum yang pernah membela PDI Perjuangan dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam kasus 27 Juli 1996 atau yang dikenal Kudatuli.

Selain dikenal sebagai pendiri Tim PDI Perjuangan, Tumbu Saraswati juga pernah terpilih sebagai anggota DPR RI periode 1999-2004. Kemudian, ia pernah menjabat sebagai Komisioner Komnas Perempuan RI periode 2009.

Baca Juga: Ari Dwipayana: Silaturahmi Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Sedang Dicarikan Waktu yang Tepat

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati menuliskan pesan khusus untuk Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) menjelang puncak peringatan HUT Ke-49 PDI Perjuangan. 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasih untuk para anggota TPDI karena perjuangannya menjadi bagian dari sejarah partai.

“Setiap merayakan HUT PDI Perjuangan, saya selalu merasakan getaran perjuangan penuh keyakinan dan optimisme, serta daya juang yang saat itu ditunjukkan oleh TPDI. Melalui jalur hukum yang ditempuhnya dan dukungan arus bawah yang begitu kuat, PDI akhirnya bertransformasi menjadi PDI Perjuangan,” tulis Ketua Umum PDI Perjuangan.

Baca Juga: Pengamat Tamil Selvan: Gugatan PDIP ke PTUN Tidak Akan Menunda Pelantikan Prabowo-Gibran

"Melalui jalur hukum yang ditempuhnya dan dukungan arus bawah yang begitu kuat, PDI akhirnya bertransformasi menjadi PDI Perjuangan," katanya.

Kesetiaan pada jalan hukum, dengan kebenaran moral dan jalan keadilan, serta berkat dukungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya PDI Perjuangan berhasil menghadapi berbagai bentuk skenario politik yang dilakukan oleh Pemerintah Orde Baru. ***

Sumber: Facebook@satriodamardjati

Berita Terkait