DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Sabtu Pagi Ini, Kualitas Udara DKI Jakarta Jadi Keempat Terburuk Dunia, Sesudah Kathmandu, Delhi dan Chiang Mai

image
Ilustrasi - Suasana tugu Monas yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp/am.

ORBITINDONESIA.COM - Kualitas udara di DKI Jakarta, berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada Sabtu, 4 Mei 2024 pagi menjadi yang terburuk keempat di dunia.

Berdasarkan pantauan pada pukul 05.25 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 163 dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2.5, yang berarti masuk kategori tidak sehat.

Selain Jakarta, kota dengan kualitas udara terburuk di dunia adalah Kathmandu, Nepal dengan indeks kualitas udara di angka 206, diikuti Delhi, India di angka 197, kemudian Chiang Mai, Thailand di angka 170.

Baca Juga: IQAir: Kualitas Udara Jakarta Hari Ini Terburuk Kelima di Dunia Usai Libur Lebaran

Sementara itu, Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menyebutkan bahwa kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan berada pada kategori sedang.

Kategori kualitas udara tersebut berarti tingkat kualitas udara yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan, tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika.

Sejumlah wilayah yang terpantau Bundaran HI (86), Kelapa Gading (85), Jagakarsa (74), Kebon Jeruk (98) dan Lubang Buaya (88). ***

Sumber: Antara

Berita Terkait