DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hasil Latihan Bebas 1 Grand Prix Italia: Ferrari Posisi 1 dan 2

image
Charles Leclerc jadi pembalap tercepat di sesi latihan bebas kedua

ORBITINDONESIA – Pembalap pabrikan Ferrari, Charles Leclerc berhasil meraih posisi pertama dalam latihan bebas pertama (FP1) F1 Grand Prix Italia di Sirkuit Monza, Jumat, 9 September 2022 pagi waktu setempat.

Sebelum GP Italia tahun ini, tim Red Bull Racing punya catatan buruk di Sirkuit Monza bila melihat kecepatan di trek lurus yang dimiliki oleh Mercedes.

Tapi di Kejuaraan Dunia Formula 1 2022, kendaraan mereka RB18 membuktikan diri sebagai mobil tercepat di lintasan lurus.

Baca Juga: Mom, Terapkan Sikap Disiplin Sejak Dini Pada Anak , Agar Tidak Menyesal Saat Dewasa

Namun disisi lain, andalan Scuderia Ferrari Charles Leclerc melihat superioritas mobilnya di tikungan selama ini takkan cukup untuk imbangi para rival di Monza, utamanya Red Bull Racing.

Namun fakta berbicara lain. Paling tidak hasil FP1 bisa memberikan gambaran kekuatan tim-tim di Monza. Ferrari berhasil kuasai jalannya sesi dengan tempatkan Charles Leclerc dan Carlos Sainz di posisi 1-2.

Dengan melibas total 25 lap, pembalap asal Monako ini hanya butuh 1 menit 22,410 detik untuk melibas satu putaran Sirkuit Monza yang memiliki panjang 5,793 km. Sainz yang masuk di posisi kedua hanya tertinggal 0,0077 detik saja.

Baca Juga: 105 Juta Data Milik KPU Dibobol Bjorka, Komisioner KPU: Masih Aman 

Kendaraan pembalap Inggris George Russel Mercedes W13 tidak terlalu buruk di trek-trek luru yang mendominasi Sirkuit Monza, Russel berhasil rebut posisi ketiga dengan gap 0,279 detik dari Leclerc.

Rekan setim Russel yang juga juara dunia tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017-2020) Lewis Hamilton masuk di posisi keempat seusai tertinggal 0,421 detik dari Leclerc.

Sementara itu juara dunia dan pemimpin klasemen sementara Max Verstappen menjadi pembalap tercepat Red Bull Racing dengan gap 0,430 detik.

Baca Juga: Grup Idol STAYC Datang dan Sapa Fans Indonesia di TV Show, Tampil Memukau

Pembalap Belanda ini sempat memimpin waktu lap saat memakai ban keras namun terlihat keteteran saat menggunakan ban lunak.

Max Verstappen awali sesi durasi 60 menit dengan langsung melesat ke posisi pertama saat RB18 geberannya memakai ban keras tembus waktu lap 1 menit 25,230 detik.

Sekira mendekati pertengahan sesi, sebagian pembalap masuk pit untuk ganti ban. Ferrari F1-75 geberan Charles Leclerc yang turun dengan livery nuansa kuning langsung melesat ke posisi pertama dengan ban lunak.

Baca Juga: Kenali Cara Mengatasi Rasa Nyeri Tulang Belakang yang sering Dianggap Sepele

Dirinya lebih cepat 0,443 detik dari Verstappen yang dibuat dengan ban keras. Beberapa menit berselang, rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez berada di posisi kedelapan dengan ban soft, namun dirinya tertinggal sekitar 1,6 detik dari Leclerc yang masih di puncak.

Verstappen sempat tercepat di sektor 1 dan 2 Monza, namun McLaren MCL 36 milik Lando Norris melibasnya di Parabolica, alhasil Verstappen tertinggal sekitar 0,4 detik dari Leclerc.

Para pembalap Mercedes tidak terlalu buruk, mendekati 20 menit sesi tuntas, George Russel mampu melesat ke peringkat tiga dengan gap waktu 0,580 detik dari Leclerc, sedangkan rekan setimnya, Lewis Hamilton terlempar di posisi ketujuh.

Baca Juga: Hacker Bjorka Jadikan Presiden Indonesia Target Kebocoran Data

Ferrari F1-75 sepertinya cocok dengan ban lunak di Monza, terbukti setelah Carlos Sainz mampu mengatrol ke posisi kedua dengan ban lunak untuk membuat Tim Kuda Jingkrak memimpin di posisi 1 dan 2 saat sesi menyisakan waktu 10 menit.

Beberapa saat sebelum finasi, Russel berusaha dekati Sainz namun tidak berhasil. Posisi tiga besar pun tidak berubah sampai chequered flag muncul di FP1. Charles Leclerc tetap di peringkat pertama diikuti Carlos Sainz dan George Russel.***

Berita Terkait