DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Satupena Akan Diskusikan Islam di Asia Tenggara dan Pemikiran Azyumardi Azra

image
Azyumardi Azra

ORBITINDONESIA - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema “Islam di Asia Tenggara,”  sebagai bagian dari upaya mengenang jasa-jasa Prof Dr Azyumardi Azra, CBE. Azyumardi adalah sosok intelektual publik yang sangat produktif dan berintegritas.

Obrolan Hati Pena #56 tentang Azyumardi Azra itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 22 September 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah Prof Muhamad Ali, Ph.D., Associate Professor University of California, Riverside. Pemandu diskusi adalah Anick HT dan Elza Peldi Taher.

Menurut panitia webinar, Azyumardi Azra dikenal publik luas, bukan hanya di Timur Tengah dan Asia Tenggara, melainkan juga di Barat, terutama di Amerika dan Eropa.

Baca Juga: Keppres Sudah Terbit, Jordi Amat dan Sandy Walsh Segera Diambil Sumpah Secara Visual

Pada 2010, Ratu Elizabeth memberikan gelar kehormatan kepada Azyumardi Azra dengan sebutan Commander of The Order of British Empire (CBE).

Anugrah  CBE tersebut membuat Azyumardi sebagai orang pertama di luar negara-negara Persemakmuran (Commonwealth), yang berhak memakai gelar Sir dan mendapat hak-hak istimewa dari Kerajaan Inggris.

Ini tak lepas dari peran Azyumardi Azra sebagai juru bicara Islam Asia yang moderat dan berperadaban. Amerika dan Eropa selama ini hanya mengenal kehidupan beragama yang mengacu ke Arab Saudi atau Asia Selatan.

Mereka tidak pernah menyangka ada kehidupan dan pemikiran Islam yang sedemikian moderat serta inklusif seperti di Indonesia.

Baca Juga: Dorna Sports Berminat Masukkan India dalam Kalender MotoGP

Para pemimpin Islam Inggris kagum melihat Indonesia bisa memiliki dasar negara Pancasila, yang menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa pada tempat pertama.

Wafatnya Azyumardi Azra juga terjadi dalam rangka perjalanannya, sebagai bagian dari proses dakwahnya tersebut.

Ia wafat ketika akan mempresentasikan makalahnya berjudul “Nusantara Untuk Kebangkitan Peradaban: Memperkuat Optimisme dan Peran Umat Muslim Asia Tenggara.”

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena56. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Berita Terkait