DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Simak Arti dan Makna Gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara yang Diterima Jokowi

image
Presiden Jokowi pada proses penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

ORBITINDONESIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan gelar kehormatan adat dari Kesultanan Buton.

Gelar kehormatan dari Kesultanan Buton yang diterima Jokowi pada Selasa, 27 September 2022 tersebut yakni La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

Dengan menyandang gelar tersebut, secara adat Jokowi telah menjadi bagian dari Kesultanan Buton yang telah eksis di Nusantara selama ratusan tahun.

Baca Juga: 10 Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, Unduh, Pasang, dan Tampil Gagah di Media Sosialmu

Lantas, apa arti dan makna gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara yang hari ini disandang oleh Jokowi?

Dilansir dari laman Setkab, arti dan makna gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dijelaskan oleh perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal.

"Gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia)," ungkap La Ode Muhamad Arsal.

Baca Juga: Viral, Pasangan Orangtua Muslim Antar Putrinya Ikuti Komuni Pertama di Gereja Onekore Ende, Ini Kata Sang Ibu

Sementara itu, dilansir dari Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo dalam judul Makna Simbolik Identitas Terhadap Penamaan La Ode dan Wa Ode (Studi Kecamatan Katobu, Duruka dan Lohia Kab.), terdapat makna simbolik identitas penamaan La Ode dan Wa Ode.

Arti simbol Identitas La Ode dan Wa Ode adalah La Ode terbentuk dari dua kata dari filologi huruf Arab. La adalah singkatan kata simbol dari “Laillaha Illallah” sedangkan Wa Ode singkatan dari Wa yaitu simbol dari “Washadu anna Muhammadah Rasulullah”.

Namun La bukan penggalan tapi simbolik dari Lailallaha Ilallah. sedangkan Ode adalah berarti bangsawan yang ditemukan dalam literatur bahasa Arab yang tua.

Baca Juga: Paten, Presiden Jokowi Bergelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dari Kesultanan Buton

La Ode artinya adalah orang yang mulia atau terpuji di depan Allah.

Itulah mana gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara yabg diterima Jokowi dari Kerajaan Buton.***

Berita Terkait