DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sirkuit Sokol Resmi Gelar MotoGP Kazakhstan 2023

image
Sokol International Racetrack menjadi tempat berlangsung MotoGP Kazakhstan yang akan masuk dalam kalender MotoGP musim 2023

 

ORBITINDONESIA – Kazakhstan menjadi negara baru dalam kalender MotoGP musim depan, balap motor ini akan diadakan di Sokol International Racetrack.


Setelah ekspansi ke India, Dorna Sports selaku pemegang hak komersil MotoGP terus lebarkan sayap sekaligus memperkokoh posisinya dalam kawasan Asia.

Terkini adalah Kazakhstan, tidak tanggung-tanggung negara di Asia tengah ini capai kesepakatan selama lima tahun ke depan untuk menjadi tuan rumah balap motor paling bergengsi yaitu MotoGP.

Baca Juga: Alasan Mengapa F1 GP Singapura Termasuk Ekstrem

“Kejuaraan Dunia FIM MotoGP akan datang ke Kazakhstan, “ bunyi pernyataan resmi Dorna Sports sebagaimana dilasir dari laman resmi MotoGP

“2023 menandai dimulainya kontrak lima tahun yang melihat MotoGP mendarat di wilayah baru dunia saat Sokol International Racetrack yang menakjubkan bergabung dalam kalender,”

Sirkuit yang berlokasi di luar kota terbesar Kazakhstan, Almaty, Sokol adalah komplek motosport baru yang dibangun di jantung Asia Tengah.

Baca Juga: MotoGP Jepang, Miller Juara, Ducati Kembali Raih Kemenangan Beruntun

Sirkuit Sokol ini memilik panjang 4,495 meter dan lebar 15 meter, hasil kreasi dari desainer kenamaan Hermann Tilker, sirkuit ini juga memungkin menyelenggarakan balapan seperti World Superbike, DTM, WTCC dan kejuaraan lainnya.

Konstruksi mulai tahun 2012, tetapi drag strip dans sirkuit karting yang pertama kali rampung. Lalu garis besar sirkuit utama dimulai bersamaan dengan pembangunan pit building yang juga mencakup hotel dengan 44 kamar.

Sempat melambat pada 2019, namun pengelola sirkuit terus berupaya untuk selesaikan Sokol International Racetrack, meski di tahun 2020 terkendala pandemic Covid-19.

Baca Juga: Gaji Perangkat Desa Dicicil, Mendagri Panggil Sekretaris Daerah Lampung Timur Rabu 28 September 2022

Sirkuit ini didukung sistem elektronik canggik yang dipasok dari Al Kamel Systems agar Sokor dapat menyelenggarakan even motorsport dengan dukungan infrastruktur teknologi yang mumpuni.

“Kami sangat bangga memiliki Al Kamel System sebagai mitra baru di bidang utama seperti elektronik khusus,” kata Direktur Sokol International Racetrack, Rahimjan Talipov.

Pemegang lima kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo pernah kunjungi Sokol pada 2016 mengaku terkesan dengan proses kontruksi sirkuit dan tidak sabar menantikan untuk menguji trek dengan kendarai motor.

Baca Juga: Setelah Senggol Bupati Lampung Timur, Hotman Paris Serempet Wali Kota dan DPRD Bandarlampung, Ada Apa Nih

“Saya sangat menantikan untuk menguji trek dengan mengendarai motor,”katanya.

Kazakhstan menjadi negara ke-30 yang gelar balap motor Grand Prix sejak kejuaraan bergulir pada 1949 dan Sokol International Racetrack akan menjadi venue ke-74 dari tuan rumah MotoGP. ***

 

Berita Terkait