DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Max Verstappen, Darah Pebalap Mengalir dari Sang Ayah

image
Max Verstappen keluar sebagai juara dunia F1 2022 setelah menangkan seri GP Jepang di Sirkuit Suzuka

ORBITINDONESIA – Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjadi juara Formula 1 2022, berikut profil dari Max Verstappen.

Max Verstappen sukses kunci gelar juara dunai F1 2022 setelah menangi balapan F1 GP Jepang yang digelar di Sirkuit Suzuka pada Minggu 9 Oktober 2022 sore WIB

Kemenangan ini diperoleh setelah pesaing terdekatnya Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) mendapatkan penalty lima detik akibat insiden tikungan 16.

Baca Juga: Hasil F1 GP Jepang, Max Verstappen Juara Dunia Back To Back

Akibat penalty lima detik yang diterima membuat Charles Leclerc yang sejatinya finis di peringkat kedua harus turun satu tingkat.

Dengan hasil ini membuat Max Verstappen dipastikan mengunci gelar juara dunia F1 2022 dan berada di puncak klasemen F1 dengan koleksi 366 poin disusul Sergio Perez dengan 253 poin dan Charle Leclerc di peringkat ketiga dengan 252 poin.

Lantas siapakah Max Verstappen ?

Baca Juga: Alasan Leclerc Suka dengan Balapan di F1 GP Jepang

Pebalap bernama lengkap Maxi Emillian Verstappen, lahir di Hasselt, Belgia 30 September 1997.

Max adalah putra dari Jos Verstappen dan Sophie Kumpen. Ayah Max, Jos Verstappen adalah mantan pebalap Formula 1, sementara sang Ibu, Sophie Kumpen adalah pebalap gokart.

Hidup di antara keluarga yang berhubungan dengan mobil, membuat dunia Verstappen tidak bisa lepas dari balapan, dimulai dari gokart.

Baca Juga: Kualifikasi F1 GP Jepang. Pebalap Redbull Raih Pole Position

Sebagaimana dilansir laman F1, Verstappen jalani debut di ajang balap jet darat paling bergensi di dunia ketika berusia 17 tahun.

Kala itu Verstappen catat debutnya di usia 17 tahun 166 hari pada Grandprix Australia pada 15 Maret 2015.

Dirinya pun cetak sejarah dengan menjadi pebalap termuda di Formula 1, kemudian menggebrak pada musim 2016 saat beralih dari tim Toro Rosso ke Red Bull Racing pada GP Spanyol yang merupakan seri ke-5.

Baca Juga: Jarang Orang Tahu, Ini Tips Agar Selamat dari Gempa Bumi saat di Tengah Keramaian

Dan di GP Spanyol Verstappen langsung jadi juara pada balapan tersebut dan membuat pebalap Belanda ini pecahkan rekor pebalap F1 termuda yang pernah naik podium di usia 18 tahun 228 hari

Perlahan tapi pasti, perjalanan Max Verstappen pun semakin terbuka, pada musim 2021 puncak dari perjalanan Max dengan meraih gelar juara dunia perdananya pada musi ketujuh di ajang F1. Dan pada hari ini Verstappen berhasil pertahankan gelar juara dunia F1

Verstappen menjadi pebalap ke-11 yang berhasil pertahankan gelar juara dunia dalam sejarah, diriinya sejajar dengan legenda F1 seperti Aryton Senna, Michael Schumacher, Fernando Alonso, Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton ***

Berita Terkait