DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober, Dukung Mereka yang Mengalami Gangguan Jiwa

image
World Mental Health Day

ORBITINDONESIA - Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day (WMHD) merupakan peringatan tahunan setiap 10 Oktober.

Pertama kali di inisiasi pada 1992 oleh World Federation For Mental Health (WFMH) dengan membawa misi meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai kesehatan mental dunia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental di seluruh dunia.

Baca Juga: Hasil Liga Italia 2022/2023: Napoli Berpesta Gol Bungkam Cremonese di Giovanni Zini

10 Oktober juga sebagai hari untuk memobilisasi dukungan bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan mental.

Dengan adanya WMHD ini, diharapkan bahwa setidaknya masyarakat akan sedikit menaruh perhatian pada isu kesehatan mental itu sendiri.

Hari Kesehatan Mental Sedunia (HKMS) yang jatuh pada 10 Oktober merupakan momentum pengingat atas pentingnya penghormatan terhadap hak-hak orang dengan gangguan kesehatan jiwa (ODGJ) dan perluasan jangkauan dan akses pelayanan kesehatan jiwa.

Baca Juga: Hasil Liga Italia 2022/2023: AS Roma Menang Dramatis Atas Lecce di Olimpico

WMHD selalu menggarisbawahi pentingnya peningkatan program pencegahan masalah kesehatan jiwa serta optimalisasi upaya pencapaian kesehatan jiwa secara umum.

Setiap tahun, tema hari kesehatan jiwa sedunia bergerak sesuai prioritas tahunan yang ditetapkan oleh World Federation of Mental Health, dan tahun ini tema yang diusung adalah 'Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority'.

Di Indonesia sendiri, WMHD mulai ditetapkan pada 1993 dengan misi untuk menghormati hak ODMK (Orang dengan Masalah Kejiwaan) dan memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Manchester United Sukses Atasi Tuan Rumah Everton

Sekarang ini, WMHD dijadikan ajang berbagai kalangan dan lembaga untuk melakukan gerakan atau kampanye yang mengangkat isu kesehatan mental dan membangun awareness masyarakat luas mengenai kesehatan mental.

Berita Terkait