DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tessy Srimulat Pernah Gagah dan Tampil Manis, Cek Fakta

image
Kisah Tessy Srimulat Sepi Job Hingga Dirikan Kuliner.

ORBITINDONESIA - film Srimulat menceritakan empat adegan penting yang memperlihatkan perjalanan karir seorang pelawak senior, Kabur Basuki alias Tessy Srimulat.

Pada bagian pertama memperlihat Kabul Basuki dilempar sepatu saat pimpinan Srimulat, Teguh dalam perjalanan pertunjukan di Solo, Jawa Tengah.

Kala itu, Kabul Basuki dinilai tak lucu bahkan tak ada kesan entertain sebagai seorang pelawak.

Baca Juga: LSI Denny JA: Pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto Paling Populer

Setelah itu, Kabul Basuki pamit kepada istri dan anknya untuk berangkat bersama rombongan Srimulat ke Jakarta. Anak perempuannya berdoa agar sang ayah lucu saat tampil di depan Presiden RI.

Dari situlah, Kabul Basuki menjadi fokus dengan profesinya sebagai pelawak bahkan ia mencoba mencari karakter dengan memakai cincin di jarinya.

Tak hanya itu, Kabul Basuki juga kerap berdadan seperti wanita bahkan disebut-sebut sebagai waria pada perannya sebagai pelawak.

Baca Juga: Korean Vibes: Drakor Extraordinary Attorney Woo Menangkan Dua Penghargaan Sekaligus di ACA

Adegan keempat yakni saat Kabul Basuki mengagetkan penonton sekaligus rekannya di Srimulat.

Sampai saat ini, Kabul Basuki mendapat peran sebagai hansip justru tampil seperti wanita dengan nama Tessy. Karakter tersebut terkenang hingga saat ini.

nama Tessy lebih dikenal ketimbang nama aslinya, Kabul Basuki. Untuk diketahui, nama Tessy diambil dari nama sang anak.

Baca Juga: Kawal Sidang Ferdy Sambo Cs, 30 Jaksa Bakal Dilibatkan di Persidangan

Kabul lahir pada 15 Juni 1942 di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelum terjun ke dunia lawak, ia merupakan anggota KKO TNI Angkatan Laut. Ia tergabung dalam operasi pembebasan Irian Barat pada 1961-1963.

Ia kemudian meninggalkan Korps Marinir dan memilih panggung hiburan rakyat di Surabaya untuk melanjutkan hidup. Ia bergabung di Srimulat Surabaya pada 1979.

Tessy konsisten tampil dengan karakter yang sama, yakni sebagai banci. Ia kerap menggunakan kosmetik yang tebal dan memakai banyak cincin batu akik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMP Kelas 9 Mapel IPA Halaman 241 Sampai 243 Uji Kompetensi Pilihan Ganda

Logat Suroboyoan juga menjadi salah satu keunikannya.

Selain besar bersama Srimulat, nama Tessy juga tercatat di sejumlah film. Total ada 10 film yang merekam aktingnya.

Sepuluh film tersebut yakni Gepeng Mencari Untung (1983), XL, Antara Aku, Kau dan Mak Erot (2008), Setannya Kok Beneran? (2008), Wakil Rakyat (2009), The Maling Kuburans (2009), XXL-Double Extra Large (2009), Susah Jaga Keperawanan di Jakarta (2010), Penganten Pocong (2012), Finding Srimulat (2013) dan 3 Pilihan Hidup (2016).

Berita Terkait