DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Setia Sampai Mati, Inilah Fakta Unik Love Bird

image
Ilustrasi, Fakta Unik dari Love Bird


ORBITINDONESIALove Bird atau burung cinta adalah burung dengan filosofi pasangan cinta atau cinta sejati, nama itu tersemat sejak seseorang mengambil foto mereka yang nampak saling memberi makan atau berpelukan.

Ada fakta apa lagi tentang burung kecil dan menarik ini, silakan simak

1. Love Bird hanya memiliki satu psangan sejati untuk seumur hidup

Love Bird mencapai kematangan seksual ketika berusia 10 bulan. Setelah usia mereka mencukupi, maka mereka bisa dikawinkan dan akan terus berpasangan hingga ajal menjemput.

Baca Juga: Sayuran yang Cocok Dijadikan Pakan Love Bird

Rata-rata kelangsungan hidup Love Bird hingga usia 15 tahun. Jadi bisa dibayangkan betapa tingginya tingkat kesetiaan Love Bird terhadap pasangan.

2. Sarang Love Bird Berbeda- beda tergantung spesies
Dari studi yang dilakukan oleh salah satu ilmuwan menunjukkan bahwa Love Bird mempunyai kemapuan membangun sarang yang berbeda -beda tergantung dari spesiesnya.

Love Bird Fisher membawa potongan kulit pohon menggunakan paruh mereka. Sementara Love Bird Muka Salem membawa kulit pohon dengan cara diselipkan di bawah bulu mereka.

Baca Juga: Asal usul Nama Burung Lovebird yang Ternyata Unik

3. Love Bird membawa Penyakit Zoonosis yang berbahaya bagi manusia
Sebuah penelitian membuktikan bahwa Love Bird dapat membawa bakteri ragi (cryptococcus neoformans) untuk menginfeksi tubuh manusia.

Love Bird juga membawa berbagai jenis bakteri berbahaya bagi manusia, biasanya bakteri tersebut menyebar setelah Love Bird alami kontak dengan kotoran burung merpati

Salah satunya parasite Encephalitozzon hellem yang sering ditemukan pada Lover Bird jenis Fisher, Muka Salem dan Topeng. Parasite ini menyebar ke manusia dengan cara menyerang kekebalan tubuh.

Baca Juga: Penyakit yang Paling Banyak Dialami Love Bird

4. Love Bird sangat mencintai pasangannya
Love Bird memiliki perilaku mirip manusia, di mana mereka akan menunjukkan rasa kehilangan yang begitu mendalam ketika ditinggal pasangannya. Terlebih jika pasangannya meninggal, burung ini bisa menderita dan depresi.

5. Love Bird kadang juga disebut hama

Love Bird bertahan hidup dengan makanan sehat berupa buah, beri, biji dan kadang-kadang larva serangga di alam liar, namun berbeda di Afrika mereka dikenal sebagai hama tanaman yang licik karena berpesta pora di pertanian jamawut dan jagung.

Itulah fakta unik dari Love Bird, semoga bermanfaat bagi para penikmat burung yang ingin menambah Love Bird menjadi peliharaan anda.***

 

Berita Terkait