DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kunci Jawaban Soal SMP Kelas 9 Mapel Biologi

image
ilustrasi, Kunci jawaban soal SMP Kelas 9 Mapel Biologi

ORBITINDONESIA – Berikut ini Kunci jawaban soal SMP kelas 9 untuk mata pelajaran Biologi tahun 2022


Simak Kunci jawaban soal SMP mapel Biologi untuk kelas 9 berisi tentang materi PTS semester ganjil tahun 2022

Sekalipun ada Kunci jawaban soal SMP kelas 9 mapel Biologi tentu akan lebih baik jika para siswa kerjakan terlebih dahulu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMA Kelas 8 Mapel Ekonomi

1. Tempat terjadinuya proses peleburan dua gamet yang menghasilkan satu sel tunggal berupa zigot adalah
a. Uterus
b. Tuba fallopi
c. Infundibulum
d. Fimbriae

Jawaban : B

Pembahasan :

Fertilisasi atau disebut juga dengan pembuahan, konsepsi dan singami adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nucleus atau sel-sel yang bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot).

Manusia merupakan makhluk hidup yang melakukan fertilisasi internal atau pembuahan yang dilakukan di dalam tubuh. Tempat fertilisasi pada manusia adalah tuba fallopi atau oviduk.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Soal SD Kelas 4 Semester 1 Mapel PAI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023

2. Ibu Nadia merasa nyeri saat buang air kecil dan gatal di area kelamin. Selain itu, Ibu Nadioa juga mengalami keputihan yang banyak, berbusa, berwarna kehijauan dan berbau busuk.

Oleh karena itu, Ibu Nadia melakukan pemeriksaan ke dokter. Ternyata hasil pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa Ibu Nadia terinfeksi oleh Trichomonas Vaginalis. Berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan tersebut, jenis penyakit dan cara pencegahan yang tepat adalah…

a. Trikomoniasis, menjaga kebersihan alat kelamin
b. Klamidiasis, tidak menggunakan celana yang ketat
c. Gonore, membersihkan alat kelamin dengan teratur.
d. Gonore, membersihkan alat kelamin dengan teratur.

Jawaban : A

Pembahasan :

Berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan, Ibu Nadia mengalami penyakit trikomoniasis. Trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasite Trichomonas vaginalis. Salah satu cara mencegah penyakit trikomoniasis yaitu menjaga kebersihan alat kelamin luar biasa agar selalu kering, misal dilap menggunakan kain setelah terkena air.

Hal ini dikarenakan di daerah yang lembab cocok untuk berkembangbiaknya bakteri atau jamur. Sementara itu klamidiasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang dapat ditandai dengan keluarnya cairan keputihan encer berwarna putih kekuningan.

Gonore (kencing nanah) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang ditandai dengan keluar nanah dari saluran kencing.

Adapun cara pencegahan penyakit Klamidiasis yaitu menjaga kebersihan alat kelamin. Cara pencegahan penyakit gonore (kencing nanah) yaitu menghindari pergaulan bebas dan tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SD Kelas 2 Mapel Matematika Volume 2 Halaman 11, Coba Hitung Total Isi Jus di Dalam Kotak

3. Berdasrkan letaknya, alat kelami pada manusia dapat dibedakan menjadi alat kelamin luar dan alat kelamin dalam. Berikut ini yang termasuk ke dalam alat kelamin luar pria adalah…
a. vas deferens
b. uretra
c. epididimis
d. skrotum

Jawaban : D

Pembahasan :

Alat kelamin eksterna (luar) pria terdiri atas skrotum dan penis. Skrotum berfungsi untuk menjaga suhu testis agar sesuai untuk produksi sperma. Sementara itu, penis adalah alat reproduksi eksternal pria yang berfungsi sebagai alat kopulasi.
Vas deferens, uretra dan epididimis merupakan alat kelamin dalam/ internal dari pria.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru 2022 di BRI, Lulusan SMA dan SMK Boleh Daftar

4. Hormon yang bertanggung jawab dalam pembesaran pinggul dan payudara pada wanita adalah….

a. Progesteron
b. estrogen
c. paratiroid
d. oksitosin

Jawaban : B

Pembahasan :

Pada seorang wanita terhadap hormone yang mempengaruhi pertumbuhan sekunder. Hormon tersebut adalah hormone estrogen. Hormon estrogen bertanggung jawab dalam pembesaran pinggul, perkembangan payudara dan pertumbuhan Rahim.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMP Kelas 7 Mapel Geografi

5. Tina mengalami suatu penyakit dengan gejala demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, kehilangan berat badan dan pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan. Dokter menduga penyakit yang diderita oleh Tina diakibatkan oleh virus.

Oleh karena itu, dokter menyarankan Tina untuk melakukan tes darah. Hasil diagnosis penyakit yang tepat sesuai dengan informasi di atas adalah.

a. AIDS
b. tifus
c. sifilis
d. gonore

Jawaban : A

Pembahasan :

Penyakait yang diderita oleh Tina adalah AIDS. AIDS adalah kependekan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome. AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan AIDS merupakan kondisi dimana HIV telah merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dalam jangka waktu yang lama.

Gejala pertam dari HIV mirip dengan infeksi virus lainnya, yaitu demam, sakit kepal, kelelahan, nyeri otot, kehilangan berat badan dan pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan.

 

Demikian Kunci jawaban soal SMP kelas 9 mata pelajaran Biologi, semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan selamat belajar ***

 

Berita Terkait