DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Alami Gangguan Kesehatan Mental ? Segera Konsultasi ke Psikiater Atau Psikolog

image
Ilustrasi, Bila kegiatan rutin harian anda terganggu misal pola makan, pola tidur, pola mandi selama dua minggu segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan professional seperti Psikolog atau Psikiater.

ORBITINDONESIA – Bila kegiatan rutin harian anda terganggu misal pola makan, pola tidur, pola mandi selama dua minggu segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan professional seperti psikolog atau psikiater.


Hal ini disampaikan oleh Psikolog Klinis Universitas Indonesia, Saskhya Aulia Prima M.Psi dalam acara virtual sebagaimana dilansir dari Antara.

“Beberapa ciri seseorang butuh terhubung dengan tenaga kesehatan professional, ketika kegiatan rutin hariannya terganggu. Misalnya seperti pola mandi, pola makan dan pola tidurnya bermasalah terus-terusan lebih dari dua minggu,”kata Saskhya Aulia Prima M.Psi

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober, Dukung Mereka yang Mengalami Gangguan Jiwa

Adapun terganggunya pola kegiatan rutin yang dimaksud seperti pola tidur yang berlebihan atau tidak bisa tidur, pola makan yang tidak teratur karena tidak nafsu makan hingga malas untuk membersihkan diri.

Selain itu, ciri lain dari seorang yang membutuhkan bantuan tenaga professional untuk menangani masalah kesehatan mentalnya ialah ketika seorang tersebut kerap berpikiran negataif hingga menyakiti diri sendiri.

Tidak hanya itu, masalah lain yang muncul adalah tidak adanya motivasi diri untuk beraktivitas sehingga akhirnya performa dan produktivitasnya berakhir terbengkalai.

Baca Juga: Ten2Five Sekian Lama Hiatus, Kini hadir Bawa Lagu Isu Kesehatan Mental Berjudul Sirna

“Jika ternyata ciri-ciri itu terus dialami berulang kali, ini perlu segera ke professional. Jika misal merasa tidak nyama, bisa mengajak teman dekat atau saudara yang benar-benar dipercaya untuk ikut menemani konsultasi,”katanya.

Saskhya juga menambahkan meski dalam beberapa tahun terakhir topik mengenai kesehatan mental serta kesehatan jiwa sudah mulai diterima baik kepada masyarakat, tidak sedikit yang masih ragu untuk menghubungi tenaga professional untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan mental.

Di samping makin banyaknya penerimaan masyarakat terhadap isu kesehatan mental, rupanya banyak juga masyarakat yang melakukan diagnosa mandir atau self diagnosed berdasarkan informasi yang tersebar di ruang digital.

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Nomor 2 Sering Anda Alami

Untuk itu ada baiknya jika sudah mengalami ciri-ciri di atas yang menganggu rutinitas keseharian, mencari banutan professional agar bisa segera dilakukan. ***

Berita Terkait