DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Inilah 9 Jenis Love Bird yang Digemari Pecinta Burung

image
Salah satu jenis Love Bird, yaitu Love Bird kacamata pipi hitam

ORBITINDONESIALove Bird atau burung cinta merupakan burung yang banyak disukai oleh orang banyak


Love Bird berasal dari benua Afrika dan popular di Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, Belgia, Belanda, Yunani dan Italia termasuk di Indonesia

Love Bird ini memiliki ukuran kecil dengan bulu yang cantik. Di alam liar, burung ini memiliki warna bulu hijau dengan semburat tubuh pada bagian atas tergantung spesiesnya.

Baca Juga: Rizky Billar Resmi Ditahan, Lesti Kejora Langsung Cabut Laporan, Berdamai

Akan tetapi secara taksonomi hanya ada sembilan spesies Love Bird yang sudah diketahui para ahli. Dimana delapan spesies ditemukan di dataran Benua Afrika, satu spesiesnya lainnya ditemukan di Kepulauan Madagaskar.

Berikut jenis Love Bird yang harus dipahami

1. Love Bird Madagaskar

Love Bird atau burung cinta memiliki ciri kepada berwarna abu-abu dengan ukuran kecil. Penampilan fisik burung betina dan jantan cukup mudah dibedakan. Burung betina seluruh tubuhnya berwarna hijau muda.
Sedangkan burung jantan memiliki kepala dan dada berwarna abu-abu.

Baca Juga: Setia Sampai Mati, Inilah Fakta Unik Love Bird

2.Love Bird Abisiana

Ciri burung ini bisa dilihat dari warna sayap bagian bawah, pada bagian tersebut memiliki ciri warna kehitaman

3. Love Bird Kacamata Pipi Hitam
Seperti namanya, ciri yang paling menonjol dari burung cinta ini adalah adanya coak hitam kecoklatan pada bagian pipi.

Sedangkan warna tubuhnya dominan hijau hingga hijau kekuningan, kepala burung ini berwarna cokelat, paruh merah dan kaki abu-abu.

Baca Juga: Asal usul Nama Burung Lovebird yang Ternyata Unik

4. Love Bird Kacamata Nyasa

Ciri burung ini yaitu memiliki warna tubuh hijau, kepala sampai wajah berwarna merah, bagian kerongkongan hingga leher belakng memiliki warna kuning, paruhnya berwarna meraha dan kakinya berwarna abu-abu…

Ukuran tubuhnya kecil, hanya memiliki penjang 13 sentimeter, saat ini burung cinta kacamata nyasa cukup sulit ditemukan di alam liar, karena banyaknya alih fungsi lahan hutan yang merusak habitatnya.

Baca Juga: Sayuran yang Cocok Dijadikan Pakan Love Bird

5. Love Bird Kacamata Fischer

Burung cinta kacamata fischer memiliki tubuh berwarna hijau dan pada bagian kepala sampai dada berwarna kemerahan dengan gradasi oranye.
Lingkar mata berwarna putih dan paruhnya berwarna merah cerah. Pada bagian atas ekor terdapat bulu yang berwarna ungu atau biru.

6. Love Bird Muka Salem

Burung cinta ini berasal dari dearah kering yang ada di barat daya Afrika. Spesies ini memiliki warna bulu yang indah.

Burung cinta ini memiliki panjang 15 sentimeter, panjang sayap sekitar 106 milimeter dan panjang ekor 44 sampai 52 milimeter.
Jenis muka salem memiliki bulu dominan hijau dengan punggung bawah berwarna biru. Bagian muda dan tenggorokan berwarna merah muda.

7. Love Bird Muka Merah

Ciri burung ini memiliki warna bulu hijau kekuningan dan kakinya berwarna abu-abu. Panjang tubuhny 15 sentimeter dan berat 43 gram.

Burung cinta ini memiliki jangkauan yang luas, biasanya ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika bagian tengah hingga ke arah barat Ethiopia.

Baca Juga: Penyakit yang Paling Banyak Dialami Love Bird

8. Love Bird Kerah Hitam
Ciri khusus dari burung cinta ini yaitu ada lingkaran hitam dileher yang mirip seperi kerah. Sementara itu warna bulunya dominan hijau hingga hijau kekuningan dengan paruh hijau hitam keabu-abuan.

Wilayah penyebaran burung ini ada di Afrika Tengah dan Afrika Barat dengan habibat di hutam. Burung cinta ini memiliki karakter pemalu karena senang bersembunyi di atas pohon.

9. Love Bird kaca Mata Topeng
Jenis burung Love Bird ini memiliki warna dominan warna hijau dengan warna kepala sampai leher bagian atas hitam.

Sedangkan pada bagian dada memilliki warna kuning terang warna kuning terang. Paruhnya berwarna cerah dan warna kakinya berwarna abu kehitaman. ***

Berita Terkait