DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Yang Perlu Diketahui Dari Manfaat Jagung, Salah Satunya Dapat Mengatur Berat Badan

image
Ilustrasi, Yang perlu diketahui dari manfaat jagung bagi tubuh, salah satunya dapat mengatur berat badan seseorang.

 

ORBITINDONESIAJagung adalah salah satu tanaman penghasil karbohidrat. Bagi sebagian orang, jagung dapat menjadi pengganti nasi sebagai makanan pokok.

Bagi sebagian orang Jagung biasa dikonsumsi dengan cara direbus atau dimasak bersama dengan menu variasi lainnya, bahkan jagung bisa dioleh menjadi berbagai macam camilan.

Jagung menawarkan beberapa manfaat kesehatan di luar kandungan vitamin dan mineral, berikut manfaat mengonsumi jagung yang perlu ada ketahui.

Baca Juga: Berikut ini alasan Kenapa Kamu Harus Bangun Pagi, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Mental

1. Memelihara kesehatan jantung

Jagung menyediakan beberapa nutrisi yang menawarkan manfaat kardiovaskular yang terbukti, serat dalam jagung dan biji-bijian lainnya membantu kurangi kadar kolesterol.

Kandungan kalium terkenal menjaga tingkat tekanan darah turun, dan jagung mengandung sekitar 6 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh FDA Amerika.
Jagung juga memiliki jumlah magnesium yang cuku sekitar 9 persen hingga 12 persen dari kebutuhan orang dewasa.

Konsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dalam makanan mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung iskemik.

Makan jagung segar, popcorn atau bahkan jagung kalengan (tanpa tambahan garam) dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan jangka panjang.

Baca Juga: Inilah Penyebab Kenapa Sering Mengantuk di Pagi Hari

2. Mengatur Berat Badan
Camilan yang paling mengenyangkan adalah yang tinggi protein dan serat seperti popcorn, satu popcorn tanpa mentega menyediakan 31 kalori, 1 gram protein dan 1 gram serat.


Popcorn adalah camilan gandum utuh yang diproses secara minimal, karena makanan ringan terdiri dari sekitar sepertiga dari asupan harian kebanyakan orang. Memilih makanan ringan dengan bijak dapat mempengaruhi berat badan secara signifikan

3. Menjaga kesehatan mata

Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin bentuk vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Karena senyawa ini terkonsentrasi di retina, mereka dikaitkan dengan pencegahan degenerasi makula terkait usia.

Kombinasi lutein dan zeaxanthin bersama dengan vitamin C, vitamin E, tembaga dan seng ditemukan dalam jagung telah terbukti melindungi terhadap penyebab umum kehilangan penglihatan ini.

Baca Juga: Alami Gangguan Kesehatan Mental ? Segera Konsultasi ke Psikiater Atau Psikolog

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Polifenol adalah sebuah senyawa tanaman yang mempunyai manfaat dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Warna jagung ungu berasal dari jenil polifenol yang disebut anthocyanin, yang terbukti meningkatkan regulasi insulin dan glukosa.

Memasukkan berbagai makana nabati berwarna-warni dalam menu makan, seperti jagung ungu, cara proaktif untuk mencegah timbulnya diabetes tipe 2

Pertimbangkan jumlah karbohidrat jika anda menderita diabetes bila ingin masukkan jagung unggu ke dalam makanan.

5. Mencegah kanker usus besar

Jagung adalah sumber serat yang baik yang mendorong pertumbuhan ‘bakteri baik’ di dalam usus. Bakteri ini menghasilkan asam lemak rantai pendek untuk membantu mencegah kanker usus besar

Makan jagung segar, popcorn, dan produk jagung gandum utuh lainnya akan pastikan anda dapat serat paling banyak dari konsumsi jagung.***

Berita Terkait