DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tak Ada PSSI Saat Jokowi Bertemu Presiden FIFA di Istana

image
Dalam pertemuan dengan Presiden FIFA tidak tampak pengurus PSSI dan hanya ada Menpora Zainuddin Amali, Presiden Joko Widodo mengatakan PSSI tidak hadir karena pertemuan dengan Gianni Infantino adalah urusan antara pemerintah dan FIFA tanpa melibatkan PSSI


ORBITINDONESIA – Ada yang menarik dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dimana tidak ada pengurus PSSI yang mendampingi presiden.

Dalam foto yang beredar, Presiden Joko Widodo hanya didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali serta beberapa pejabat lingkungan Istana.

Dalam penjelasannya, Presiden Joko Widodo mengatakan PSSI tidak hadir karena pertemuan dengan Gianni Infantino adalah urusan antara pemerintah dan FIFA tanpa melibatkan PSSI.

Baca Juga: Tunduk Aturan FIFA, Polisi Tidak Pakai Gas Air Mata di Dalam Stadion

“PSSI nanti urusannya FIFA. Tadi urusan FIFA dengan pemerintah,” kata Jokowi kepada jurnalis seusai pertemuan.

Presiden jelaskan dalam pertemuan tersebut tidak membahas soal rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang merekomendasikan agar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengundurkan diri.

“Enggak, itu urusan internal kita. Urusan pemerintah dengan FIFA tidak sampai ke sana,” kata Joko Widodo.

Baca Juga: Media Asing Soroti Klaim Jokowi Soal Indonesia Lolos Sanksi FIFA

Seperti diketahui, PSSI mengaku siap bekerja sama dengan FIFA dan Pemerintah RI untuk membuat rencana aksi demi perbaikan sepak bola tanah air. Rencana ini akan segera diaktualisasikan setelah PSSI, FIFA dan pemerintah bertemu.

“Tentu setelah bertemu dengan FIFA dan Pemerintah, PSSI akan langsung bekerja,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sebagaimaan dilansir dari laman PSSI.

Selanjutnya, PSSI akan membentuk tim yang akan bekerja sama dengan FIFA dan pemerintah sebagai akselerasi tindak lanjut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang tewaskan 133 orang.***

Berita Terkait