DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pemerintah dan FIFA Sepakat Pastikan Piala Dunia U20 Berjalan Baik

image
Pemerintah Indonesia dan Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) sepakat untuk pastikan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia dapat berjalan baik.

 


ORBITINDONESIA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia dan Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) sepakat untuk pastikan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia dapat berjalan baik.


Hal ini disampaikan Jokowi seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

“Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U20 FIFA di Indonesia dapat berjalan baik,”kata Jokowi

Baca Juga: Piala Dunia U20 2023, Sadar Diri, Timnas Indonesia Tidak Ditargetkan Juara

Jokowi juga katakan bahwa pelaksaan Piala Dunia U20 2023 mendatang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA.

“Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik secara professional,”katanya.

Jokowi ungkap, pemerintah Indonesia dan FIFA juga sepekat bahwa tragedi Kanjuruhan yag tewaskan 133 orang merupakan pelajaran penting bagi persepakbolaan Indonesia dan dunia sepak bola secara umum.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Selandia dan Fiji Menjadi Negara ke-11 dan 12 yang Lolos

Mantan Gubernur DKI ini tegaskan bahwa tragedi itu tidak boleh terulang kembali. Selain itu, jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka.

Karena itu, kata Jokowi, pemerintah dan FIFA sepakat lakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh.

“Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya,”kata Jokowi

Baca Juga: Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan, Polisi Bisa Terapkan Diskresi Hukum Demi Keadilan

Pemerintah dan FIFA juga sepakat untuk kaji kembali kelayakan stadion serta terapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton dan pemain.***

Berita Terkait