DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Inilah Contoh Naskah Pidato Hari Santri Nasional 2022 dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya

image
Ilustrasi, contoh teks pidato Hari Santri Nasional 2022 Bahasa Arab.

ORBITINDONESIA - Berikut ini adalah contoh naskah pidato Hari Santri Nasional 2022 dalam Bahasa Arab serta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

Pidato Hari Santri Nasional dalam Bahasa Arab cocok untuk acara HSN di lingkungan pondok pesantren (Ponpes).

Pidato Hari Santri Nasional Bahasa Arab ini bertema besar pentingnya pendidikan di dalam keluarga maupun sekolah.

Baca Juga: Bisa Diedit, Contoh Naskah Pidato Hari Santri Nasional 2022 Bahasa Sunda, Ringkas dan Mudah Dipahami

?????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????

???????? ??????? ????? ?????????????? ?????? ???????????? ????? ???????? ??????????? ??????????? ????????????? ???????????? ????? ???????? ??????????????? ????????? ??????? ?????? ?????????? ???????????? . ????? ???????? ??? ????????? ???????????? ????????? ????????? ????????? ???? ????????? ????????? ???????? …??????? ????? : ???? ???? ?????? ?? ?????? ?????? ???? ????? ?? ??????? ?????? ??? ???? ?????? ?????? ( ???????? ????? ?????????? ????????? ???????? ???????????? ???????? ?????????? ?????????? )

????????????????

?????????? ???????? ?????????

?????????? ???????? ???????????

?????????? ??????????? ???????????????

?????????? ???????????? ????????????

????? ?????? ?? ????:

????? ??????? ?????? ???????? ????? ?????? ??????? ???? ??????????? ???????? ???????? ?????????? ????????? ?????? ???????????? ???? ?????????? ??? ?????? ????????? ???????????.

?????? ???????? ??????????? ????? ?????????? ???????????? ????????? ?.?. ??????? ?????? ?????????? ????????????.

????? ?????? ?? ???? : ????????? ???????????? ???????? ?????????? ?????? ???????????? ( ???????????? ????????????? ) ????? ?????? ?????? ?????? ????????? ???????????????? ??????????????? ????? ????? ???? ????????? ???? ?????????….? ????.

????????? ?????????? ????????????? : ?????? ????????? ?????????? ????????? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ?????? ( ?????? ???????? ??????????? ????? ?????? ???????? ) ?????????? ?????? ????????? ????????? ?????????? ????????????? , ???????????? ????????????? ?????? ????? ???? ???? ???? ?????? ( ???????? ???????? ???? ???????? ????? ??????????)

????????? ?????????? ????????????? : ???? ?????????? ????? ?????? ????????? ??????? ????? ????? ??????? ?????????? ?????????? ????? ?????????? ,?????? ??? ?????? ??? ?????????? ?????????? (???????? ????? ?????????? ????????? ???????? ???????????? ???????? ?????????? ?????????? ) ????? ???? ???? ???? ???? ?????? ( ?????? ?????????? ????? ?????????? ???????? ???????? ????? ??????? ??????????? ) ???????? ???????????? ???????????? : ( ?????? ????????? ????????? ?????????? # ???????? ???? ????????? ?????? ???? ???????? )

????????? ?????????? ????????????? : ???????? ???? ??????????` ???????????? ?????????? ???????????? ???????????? ????????? ??????? ???????????? ?????? ??????????? ????????? ????? ???????????? ????????? ????????? ??? ????????, ????? ??????????? ( ???????????? ??? ?????? ??????????? ???????????? ????? ????????? ?????????????? ??? ?????? ??????????? ???????????? ?????? ???????? )

????????? ?????????? ????????????? : ???????? ???????? ?????? ???? ??????????? ??????? ????????? ???????? ?????? ??? ?????????? ?????? , ???? ???? ( ????????? ????? ??????? ???????????? ????? ??????? ) ??????? ??????? ?????? ????????? ?????? ?????????? ?????????? ???? ???????????. ????????? ??????? ???? ?????????????? ?????? ????? ??????? ??????????? ???????????? ???????????????? ??????? ??? ?????????? ?????? ??????????? ??? ???????????? ???????????? , ???? ??? ?????? ( ????????????? ?????????? ????????? ????? ?????? ?????? ???????????? ??? ???????????? ???????????? ???????? ????? ?????? ??????? ?????? ?????????? ???????????? .)

???? ?????? ?? ????,, ????? ??????????? ?????? ??? ????????? ????? ?????? ??????,,, ??????? ?????????? ????????? ?????? ?????…??????????? ??????? ????? ???????? ????? ????????? ???????????? : ?????????? ??????? ???????????? ?????????? ???????????? ?????????? ?????????? ????? ???????? ???????? ??????? ???????? ??? ????? ????????????? ????????? ????? ????????????? ??????????? .

??????? ????? ????? ???? ????????

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Tema Hari Santri Nasional 2022 Bahasa Inggris dan Terjemahannya, Singkat dan Mudah Dihafal

Artinya:

Yang Terhormat para dewan guru, teman-temanku yang tercinta, dan saudara-saudaraku yang berbahagia.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kepada kita beribu-ribu nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang penuh berkah ini.

Yang kedua mari kita sampaikan selawat beserta salam kepada junjungan dan kekasih tercinta yakni Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya, dan para sahabatnya.

Baca Juga: Begini Penyebab Kubah Masjid Islamic Centre Kebakaran di Jalan Kramat Jaya

Saudara-saudaraku yang berbahagia, berdirinya saya di depan kalian tiada lain hanya untuk menyampaikan pidato singkat dengan judul: “Pentingnya Menuntut ilmu (belajar)”. Ini adalah tanggung jawab guru-guru kami untuk menjelaskannya, akan tetapi semoga Allah memberikan taufik-Nya kepada saya untuk dapat menjelaskannya.

Saudara-saudaraku yang berbahagia, menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi kita sebagaimana Nabi Muhammad saw. bersabda: ”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”.

Kewajiban menuntutnya itu berlaku kepada semua orang baik laki-laki ataupun perempuan, anak kecil ataupun orang dewasa. Sampai Nabi mengatakan;” tuntutlah ilmu dari semenjak di buaian sampai liang lahat”.

Baca Juga: Nama Baik Tercemar, Nathalie Holscher Akhirnya Somasi Mantan ART, Begini Isinya

Saudara-saudaraku yang berbahagia, jadilah orang yang berilmu dan janganlah menjadi orang yang bodoh karena Allah melebihkan hamba-Nya yang berilmu terhadap hamba-Nya yang bodoh. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an, ”Niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu dan beramal salih beberapa derajat”.

Dan sebagaimana sabda Nabi saw.,” Keutamaan orang yang berilmu terhadap orang yang bodoh seperti keutamaan bulan terhadap bintang-bintang di langit”. Para Ulama saleh mengatakan, ”Tidaklah seseorang itu dilahirkan dalam keadaan berilmu dan tidaklah orang yang berilmu itu seperti orang bodoh”.

Saudara-saudaraku yang berbahagia, kita mesti menggunakan waktu-waktu kita dengan memperbanyak belajar dan sedikit bermain. Karena belajar di waktu kecil itu akan memudahkan seseorang dalam menerima ilmu dan kuat hafalan. Seorang penyair berkata, ”Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu dewasa bagaikan mengukir di atas air”.

Baca Juga: Mengenal Etilen Glikol, yang Diduga Picu Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Saudara-saudaraku yang berbahagia, akan tetapi kita perlu ingat bahwa ilmu tanpa amal itu tidak bermanfaat. Sebagaimana sabda Nabi saw., ”Ilmu tanpa amal itu bagaikan pohon tak berbuah”.

Oleh karena itu mari kita mengamalkan ilmu yang kita tahu dan mulai dari diri kita sendiri. Dan sesuatu paling penting yang tidak boleh kita lupakan mari kita berbuat baik kepada kedua orang kita dan menghormati guru-guru kita karena hal tersebut merupakan kunci kesuksesan di dunia dan akhirat.

Sebagaimana firman Allah, ”Apabila dikatakan kepadamu lapangkanlah tempat dudukmu di suatu majlis niscaya Allah akan melapangkanmu, dan apabila dikatakan kepadamu berdirilah kemudian mereka berdiri…”

Baca Juga: Australia Cabut Kebijakan Mengakui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Apabila ada kesalahan dari apa yang saya sampaikan itu semua datangnya dari kebodohan saya, dan apabila ada benarnya maka itu semata-mata datang dari Allah.

Terakhir, mari kita tutup pidato ini dengan doa:“ Ya Allah jadikanlah apa yang kami kerjakan itu menjadi amal saleh, dan semata-mata karena mengharapkan ridho-Nya dan bukan karena sesuatu apa pun”.

Itulah contoh teks pidato Hari Santri Nasional 2022 dalam Bahasa Arab beserta artinya. Semoga bermanfaat.***

Berita Terkait