DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Lima Ramuan ini Bisa Redakan Batuk dan Flu Pengganti Parasetamol

image
Ilustrasi, Ada beberapa ramuan obat rumahan pangganti parasetamol sirup di saat anak menderita flu dan batuk

 

ORBITINDONESIABatuk dan flu menjadi salah satu penyakit yang mudah dan sering menyerang anak, terutama pada sistem kekebalan tubuh yang sedang lemah.


Saat mengalami batuk dan Flu, orang tua biasanya memberikan anak sirup parsetamol yang bebas beredar di Apotek atau toko obat. Namun saat ini ada larangan mengonsumsi obat jenis sirup dan cair karena diduga memicu gagal ginjal akut  pada anak.


Walau begitu, orang tua tidak perlu khawatir, sebab ada banyak pengobatan rumah alami yang dapat ringankan gejala flu dan batuk.

Baca Juga: RSCM Terima 49 Kasus Gagal Ginjal Akut dengan Tingkat Kematian 63 Persen

Berikut ramuan alami yang bisa bantu redakan batuk dan flu

Berkumur dengan air garam

Ini adalah terapi kuno namun efektif dalam mengobati batuk, flu hingga sakit tenggorokan. Berkumur dengan ari garam sangat efektif bersihkan partikel asing seperti bakteri dan virus pada saluran pernapasan sehingga dapat ringankan gejala.

Baca Juga: Ternyata Tiga Zat Kimia Ditemukan di Tubuh Pasien Balita Gangguan Ginjal Akut

Teh Jahe

Tidak hanya nikmat rasanya, tetapi juga dapat bantu obati pilek dan batuk. Teh jahe membantu mengeringkan hidung berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan.

Diantara berbagai manfaat kesehatan jahe dikenal dapat meredakan flu biasa dan mempercepat proses pemulihan.

Baca Juga: Kenali Beda Gagal Ginjal Akut dan Ginjal Kronis

Madu, air jeruk nipis dan air hangat

Ini adalah minuman yang cocok untuk meningkatkan pencernaan dan sistem sirkulasi. Dengan menambahkan madu ke air jeruj nips adalah salah satu tipe efketif dalam mengendalikan batuk dan flu

Campuran lemon, madu dan kayu manis

Obat rumah ini efektif untuk batuk dan flu, dengansetenag sendok madu ditambahkan tetsan lemon dan sejumput kayu manis. Konsumsi dua kali dalam sehari dijamin dapat sembuhkan batuk dan flu anda seketika.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Terbitkan Panduan Atasi Gangguan Ginjal Akut untuk Orang Tua

Susu dan kunyit

Kunyit mengandung antioksidan kuat yang membantu dalam mengobati banyak masalah kesehatan. Kunyit dicampur dengan segelas susu hangat adalah cara popular dan efektif dalam melawan batuk dan flu.

Disarankan minum segelas susu kunyit sebelum tidur membantu pemulihan lebih cepat dari batuk dan flu.

Demikian contoh pengganti parasetamol dikala batuk dan flu menyerang bisa menjadi referensi dalam keseharian anda dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit, silakan dicoba ***

 

Berita Terkait