DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Covid 19 Omicron XBB Sudah Masuk Indonesia, Ini Gejalanya

image
Ilustrasi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin katakan bahwa subvariant baru Covid19 Omircon XBB yang merebak di Singapura sudah masuk ke Indonesia

OBITINDONESIAMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Covid 19 varian Omicron XBB yang merebak di Singapura kini sudah ditemukan di Indonesia.

Budi Gunadi Sadikin pun meminta semua pihak bekerj sama memperkuat efektivitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan protocol kesehatan (prokes).

“Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6,000 per hari, karena ada kasus varian baru yaitu XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesi dan sedang kita amati terus,”kata Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Setelah Singapura, Omicron XBB Sudah Masuk di Indonesia

Sebagai informasi, Varian Omicron XBB atau BA.2.10 pertama kali muncul di India pada Agustus 2022 kemudian terdeteksi di beberapa negara, di antaranya di Singapura, Australia, Denmark, Bangladesh, India, Jepang dan Amerika Serikat

Pengamatan dari negara-negara dengan sub varian XBB menunjukkan menular seperti varian saat ini, tetapi tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Namun, Kementerian Kesehatan (MoH) Singapura mengatakan bahwa ada bukti XBB mungkin mendorong peningkatan infeksi ulang, dimana 17 persen dari total kasus bulan lalu adalah kasus infeksi ulang.

Baca Juga: Mendagri Beri Apresiasi Penanganan COVID-19 Untuk Pemerintahan Provinsi Gorontalo

Tidak ada bukti XBB menyebabkan penyakit yang lebih parah sebagaimana dikutp dari CGTN, sebagian besar pasien di Singapura terus melaporkan gejala ringan seperti sakit tenggorokan atau demam ringan terutama jika mereka telah vaksinasi.

Dengan skema vaksinasi sebelumnya baik tiga suntikan mRNA lengkap atau empat dosis Sinovac masih sangat efektif mencegah penyakit parah.

Namun, varian in cukup berisiko bagi mereka yang belum atau tidak divaksinasi.***

Berita Terkait