DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

BMKG Balikpapan Deteksi 10 Titik Panas di Kalimantan Timur

image
Tangkapan Layar Informasi Sebaran Titik Panas di Provinsi Kalimantan Timur, Senin 24 Oktober 2022.

ORBITINDONESIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 10 titik panas di Kalimantan Timur.

"Sebanyak 10 titik panas tersebut terpantau sepanjang hari Minggu mulai pukul 01.00 dini hari sampai pukul 24.00 WITA," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Erika Mardiyanti di Balikpapan, Senin 24 Oktober 2022.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Sebaran titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar memperoleh penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Surya Paloh: Nasdem tidak akan Mundur, Kecuali Dimundurkan dari Koalisi Pemerintahan

Baca Juga: Wanda Hamidah Ungkap Pindah dari Nasdem ke Golkar, Ini Penjelasannya

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Dua hari sebelumnya, BMKG juga mendeteksi sebanyak tujuh titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu kemudian padam setelah dilakukan penanganan.

Sedangkan 10 titik panas yang terpantau pada Senin ini, berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam kecamatan maupun kabupaten yang sama.

Ia mengatakan, sebaran titik panas yang terdeteksi itu berada pada empat kabupaten; Kabupaten Berau ada 4 titik, Kutai Barat ada 1 titik panas, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur masing-masing terdeteksi 3 titik panas.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Rinciannya adalah di Kabupaten Berau yang yang terdeteksi 4 titik panas, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Sambaliung dan Teluk Bayur yang masing-masing ada 2 titik dan keempatnya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Baca Juga: Survei NEW INDONESIA: Setelah Deklarasi Anies Baswedan, Nasdem Merosot di Bawah Ambang Batas Parlemen

Kabupaten Kutai Barat yang terdeteksi 1 titik panas, berada di Kecamatan Damai dengan tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 115.4289 bujur dan -0.8575 lintang.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdeteksi 3 titik panas, tersebar pada tiga kecamatan yakni Kecamatan Loa Kulu, Muara Kaman, dan Muara Muntai yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi tiga titik panas, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon, Kaubun, dan Sangkulirang dan semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah, demikian Erika Mardiyanti. ***

Berita Terkait