DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Malam Ini, Satupena Diskusikan Resesi dan Ketahanan Ekonomi Indonesia, Ini Link Zoomnya

image
Didin S. Damanhuri, Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Politik IPB akan Berbicara tentang Resesi dan Ketahanan Ekononi pada Diskusi Satupena.

ORBITINDONESIA - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang resesi dan ketahanan ekonomi Indonesia. Diskusi ini dipicu oleh kondisi ekonomi dunia yang saat ini sedang bermasalah. Banyak negara terancam resesi.

Obrolan Hati Pena #61 tentang resesi ekonomi itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 27 Oktober 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Akan berbicara Prof. Didin S. Damanhuri, Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Politik Institut Pertanian Bogor. Diskusi akan dipandu oleh Swary Utami Dewi dan Anick HT.

Menurut panitia webinar daam keterangannya kepada OrbitIndonesia, ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Ancaman resesi, inflasi yang tinggi, hingga pengetatan likuiditas semakin memojokkan ekonomi banyak negara menuju pelemahan.

Baca Juga: Cerita Penumpang Lion Air JT330, Peristiwa Mencekam ada Api di Sayap Kiri Pesawat

Pandemi Covid-19 dan konflik geopolitik Ukraina dan Rusia membuat ekonomi dunia kian terjerumus dalam jurang kehancuran.

Amerika Serikat (AS), Inggris, China dan Zona Eropa diprediksi sulit terhindar dari resesi. Ancaman resesi ekonomi ini menjadi hantu menyeramkan bagi hampir seluruh negara di dunia.

Bank Dunia meramal perekonomian global akan menyusut hingga 1,9% poin menjadi 0,5 persen pada 2023. Bagaimana dengan Indonesia?

IMF memperkirakan Indonesia tumbuh 5,3 persen tahun ini dan 5 persen pada 2023. Tak hanya IMF, Asian Development Bank (ADB) juga memproyeksikan pertumbuhan Indonesia sebesar 5,4 persen, Bloomberg 5,2 persen, dan Bank Dunia (World Bank) sebesar 5,1 persen.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Dibantai Bayern Munchen di Camp Nou, Barcelona Turun Kasta ke Liga Europa

Mengutip data ini, Sri Mulyani memasukkan Indonesia ke dalam empat negara yang terbilang cukup baik ekonominya dan kuat dari guncangan resesi, di samping India, Brasil, dan Meksiko.

Benarkah Indonesia terbebas dari ancaman resesi? Seberapa kuat ketahanan ekonomi negeri ini?

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena61. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. ***

Berita Terkait