DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Mendoan Tampil di Google Doodle, Berikut Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

image
Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh

 

ORBITINDONESIA – llustrasi tempe mendoan mejeng dalam google doodle hari ini Sabtu 29 Oktober 2022. Google pamerkan ilustrasi karya seniman lokal Reza Dwi Setyawan yang tinggal di Semarang, Jawa Tengah.

Tempe mendoan adalah salah satu sajian nusantara, khususnya derah Banyumas, Jawa Tengah. Tempe adalah penangan yang terbuat dari kacang kedelai difermentasi ini merupakakan makanan segala umat masyarakat negeri ini.

Manfaat tempe untuk kesehatan tubuh manusia juga tidak kalah mengunungkan seperti kawannya tahu. Harga tempe pun terbilang murah atau terjangkau.

Baca Juga: Tempe Mendoan Asal Indonesia Hiasi Tema Google Doodle Hari Ini, 29 Oktober 2022

Selain itu, tempe memiliki profil nutriasi yang mengesankan, Malansir dari Healthline, tempe mengandung protein, zat besi, riboflavin, niasin, magnesium, kalsium, mangan, fospor dam sejumlah antiosedan yang penting bagi kesehatan.

Berikut beragam manfaat konsumsi tempat sebagaimana dikutip dari berbagai sumber

Meningkatkan kesehatan otak dan cegah alzheimer

Baca Juga: Korean Vibes: Drama Terbaru Song Joong Ki Reborn Rich Rilis Poster Perdana, Intip Sinopsisnya

Tempe bermanfaat untuk tingkat kesehatan otak dan dapat mencegah penyakit seperti Alzheimer

Kandungan dalam tempe dapat melindungi atau bersifat protektif terhadap otak dan fungsi kognitif sehingga dapat mencegah demensia Alzheimer yang disebabkan kerusakan fungsi otak.

Selain itu, tempe yang terbuat dari kacang kedelai kaya akan fitoestrogen. Kandungan fitoestrogen yang tinggi ini bermanfaat bagi perempuan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMA Kelas 11 Mapel PKN Halaman 19, Mengapa Masih Ada Pelanggan HAM? Jelaskan

Agar mendapatkan manfaat dari tempe, makanan ini jug mesti diolah dnegan benar. Disarnkan tidak menggoreng tempe terlalu kering karena dapa merusak basilus di dalam tempe.

Memperkuat tulang

Tempe dipenuhi beragam nutrisi pembentuk tulang. Dalam setiap sajiannya mengandung fosfor, kalsium, mangan, dan tembaga dalam jumlah yang baik, yang semuanya penting bagi kesehatan tulang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMA Kelas 12 Mapel PKN Halaman 77, Berikan Tanggapan dari Berita yang Kamu Baca

Kalsium berfungsi sebagai menjaga tulang tetap kuat dan padat;sementara fosfor penting untuk menjaga integritas kerangka dan perkembangan tulang.

Memastikan kecukupan asupan kalsium dan fosfor tentu dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Bagi Anda yang alergi susu atau ingin mencoba variasi lain, dapat menggantinya dengan tempe untuk mendapatkan sumber kalsium. Satu cangkir atau setara 166 gram tempe mengandung sekitar dua pertiga kalsium yang ditemukan dalam satu cangkir susu murni.

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November 2022 Bertepatan Dengan Hari Apa? Khususnya Dalam Kalender Islam dan Jawa

Meskipun produk susu adalah sumber kalsium yang paling umum, namun penelitian menunjukkan bahwa penyerapan kalsium dalam tempe juga sama optimalnya seperti kalsium dalam susu, sehingga menjadikan tempe sebagai pilihan yang baik untuk meningkatkan asupan kalsium.

Menstabilkan gula darah

Kandungan mangan dalam tempe membantu proses sintesis nutrisi tubuh seperti kolesterol, karbohidrat, dan protein. Mangan juga terlibat dalam pembentukan massa tulang dan membantu menyeimbangkan hormon secara alami.

Baca Juga: AWAS, Tilang Elektronik Mulai Berlaku, Segini Batas Kecepatan yang Diizinkan bagi Kendaraan di Jalan Tol

Salah satu manfaat mangan yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal danmenekan risiko terserang diabetes. Mangan diperlukan tubuh untuk membantu produksi enzim pencernaan atau glukoneogenesis.

Glukoneogenesis mengubah asam amino protein menjadi gula yang berguna untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan toleransi glukosa.
Menunda menopause

Isoflavon dalam tempe juga berperan sebagai obat alami untuk menunda menopause. Berdasarkan jurnal North American Menopause Society (NAMS) menemukan bahwa isoflavon mampu membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap terkendali.

Baca Juga: Perajin Tahu dan Tempe Diharapakan Tetap Produksi, Meski Harga Kedelai Tinggi

Sebab lonjakan kadar kolesterol bisa menjadi pencetus menopause. Selain itu, isoflavon mampu membantu mengurangi tingkat keparahan gangguan mood dan hot flashes (sensasi kepanasan dari dalam tubuh akibat gejala pramenopause).

Meskipun masih diperlukan studi lanjutan mengenai hal ini, namun para ahli merekomendasikan wanita mengonsumsi makanan tinggi isoflavon seperti tempe untuk mengambil manfaat kesehatan kardiovaskularnya. ***

Berita Terkait