DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kualifikasi F1 GP Mexico, Max Verstappen Raih Pole Position

image
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen menjadi yang terdepan dalam kualifikasi F1 GP Mexico

 

ORBIINDONESIA – Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen menjadi yang terbaik pada kualifkasi F1 GP Mexico di Sirkuit Autodromo Hemanos Rodriguez usai tahan kecepatan para pebalap Mercedes-AMG Petronas, George Russel dan Lewis Hamilton.

Max Verstappen catatkan waktu lap 1 menit 17,775 detik yang cukup membuatnya unggul atas Russel yang kalah cepat 0,3 detik setelah tuntaskan lap terakhir ketika trek mulai kosong.

Lewis Hamilton yang waktu lapnya pada awal sesi dicoret karena memotong lintasan di tikungan 3 harus puas start dari baris kedua pada GP Mexico, tertinggal 0,005 detik dari George Russel rekan setimnya.

Baca Juga: Hasil FP2 F1 GP Mexico, George Russel Menjadi yang Tercepat

Jagoan tuan rumah yang juga rekan setim Max Verstappen, Sergio Perez terpau 0,05 detik dari duo Mercedes sehingga harus puas bakal start dari barisan kedua pada lomba Minggu nanti.

Red Bull RB18 milik Sergio Perez terbukti tak mampu samai kecepatan Verstappen di depan untuk memberikan hadiah indah untuk penonton yang telah mendukung di putaran ini.

Duo Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr dan Charles Leclerc tidak mampu jaga konsistensi untuk bersaing melawan kecepatan Mercedes dan Red Bull. Sainz dan Leclerc masing-masing selesaikan kualifkasi di peringkat lima dan tujuh

Baca Juga: Resmi, GP Mexico Tuan Rumah F1 Hingga 2025

Sementara itu, salah satu nama top Daniel Ricciardo (McLaren) tersingkir di kualifikasi kedua (Q2) setelah kalah hanya sekira 0,05 detik dari Fernando Alonso (Alpine), akan start dari grid ke-11 tepat di depan Guanyu Zhou (Alfa Romeo).

Yuki Tsunoda menjalani kualifikasi yang tidak biasa karena mampu mengalahkan rekan setimya di AlphaTauri, Pierre Gasly. Adapun pembalap Haas F1 Kevin Magnussen menyelesaikan sesi kualifikasi di P15.

Pun begitu, pembalap asal Denmark itu akan start dari baris paling belakang usai dihukum penalti grid lima posisi karena pergantian sejumlah komponen power unit, awal pekan ini.

Baca Juga: Audi Masuk Balapan F1 Bersama Tim Sauber Musim 2026

Mick Schumacher menjadi salah satu pembalap yang kembali harus kecewa karena gagal bersaing di Q3. Ironisnya, Schumacher hanya kalah sedikit di atas 0,1 detik dari rekan setimnya sendiri, Magnussen, yang memaksanya hanya akan start dari P15.

Jika pada balapan sebelumnya menjanjikan, duet Aston Martin justru langsung kandas di Q1 setelah Sebastian Vettel finis P17 – dengan waktu lap yang sama persis dengan Schumacher – di depan Lance Stroll di P18.

Hasil kualifikasi juga membuat Stroll akan start dari posisi paling belakang setelah penalti grid tiga posisi dijatuhkan kepadanya karena bersenggolan dengan Alonso di F1 GP Amerika Serikat.

Duo Tim Williams, Alex Albon dan Nicholas Latifi, finis di posisi terbawah setelah tertinggal beberapa sepersekian detik yang menggagalkan mereka ke Q3. Albon juga sempat keluar trek saat melibas area tercepat di Sektor 2. ***

Berita Terkait