DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kelinci dan Telur Selalu Identik Dengan Hari Paskah, Ini Fakta Menarik yang Tak Banyak Orang Tahu

image
Hop - Film tentang Kelinci Paskah

ORBITINDONESIA – Hewan kelinci dan telur selalu identik dengan perayaan Hari Paskah. Namun, tak banyak orang tahu seperti apa fakta menariknya.

Perayaan Hari Paskah memang selalu identik dengan kelinci dan juga telur, hingga ada istilah Kelinci Paskah dan Telur Paskah. Lalu, seperti apa sih fakta menarik kelinci dan telur di Hari Paskah yang tak banyak orang tahu.

Simak artikel tentang fakta menarik yang tak banyak orang tahu seputar kelinci dan telur yang identik dengan perayaan Hari Paskah berikut ini.

Baca Juga: PENTING! Rekening BCA akan Ditutup Jika Selama 1,5 tahun Isi Saldo Berjumlah Rp 0

Paskah merupakan hari yang membahagiakan bagi umat Kristiani, setelah Yesus Kristus yang disalib untuk menyelamatkan umat-Nya, ia pun bangkit kembali.

Cerita tentang Kelinci Paskah memang tidak disebutkan dalam Alkitab, namun hewan ini justru menjadi simbol utama umat Kristiani dalam perayaan Hari Paskah.

Secara simbolitas, kelinci melambangkan kesuburan dan kehidupan baru. Hewan bertelinga panjang ini digambarkan kerap memberikan telur hias warna-warni pada anak-anak yang berperilaku baik.

Baca Juga: PDI Perjuangan dan Golkar Memimpin Sementara, Walau Pro Syariat Islam Jadi Hukum Negara Meningkat

Bahkan ada sebuah teori yang menyatakan kelinci adalah representasi Dewi Kesuburan Eostre karena simbol binatangnya adalah kelinci.

Pada tahun 1700-an, Kelinci Paskah dijadikan tradisi oleh imigram Jerman ke Amerika Serikat dengan tradisi kelinci bertelur atau yang biasa disebut 'Oschter Haws'.

Dalam tradisi kelinci bertelur ini, anak-anak akan membuat sarang dimana Kelinci Paskah akan bertelur warna-warni. Tradisi yang awalnya ada di Jerman ini pun akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Amerika.

Baca Juga: 8 Karakter Kartun Kelinci Dalam Bentuk Film Ini Sangat Lucu dan Menggemaskan, Berikut Rekomendasinya!

Sementara itu, konsep telur Paskah berasal dari tradisi Pagan. Selama berabad-abad, gereja Kristen melarang telur bersama dengan makanan lain seperti daging, anggur, keju dan susu selama Prapaskah.

Barulah kemudian di Hari Paskah pembagian telur sebagai suguhan khusus dan penghiasan telur sebagai kegiatan rekreasi dilakukan.

Salah satu acara yang menarik adalah permainan Perburuan Telur Paskah yang merupakan perburuan berbagai jenis telur warna-warni.

Baca Juga: Punya Nafsu Besar Alasan Utama Kelinci Jadi Simbol Playboy, Apa Betul?

Demikian sedikit fakta menarik yang tak banyak orang tahu tentang kelinci dan telur yang identik dengan Hari Paskah. Semoga bermanfaat.***

Berita Terkait