DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Simak Tema, Logo Hari Pahlawan 10 November 2022 Beserta Makna Filosofis serta Link Download untuk Dicetak

image
Logo Hari Pahlawan 10 November 2022.

ORBITINDONESIA - Berikut ini adalah tema dan logo resmi untuk Hari Pahlawan 10 November 2022 yang telah dirilis oleh Pemerintah.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), Kamis, 3 November 2022 Hari Pahlawan 10 November merupakan hari penting yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tahun.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Di antara tujuan memperingati Hari Pahlawan 10 November adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Baca Juga: Pekan Depan, Drawing 16 Besar Liga Champion

Hari Pahlawan 10 November sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.

Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”.

Baca Juga: Tim Penyidik dan Dokter KPK Temui Lukas Enembe Kamis Siang Ini

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Maksud dan tujuan lainnya memperingati Hari Pahlawan adalah untuk membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Selain tema, juga terdaapt logo resmi untuk Hari Pahlawan 10 November 2022. Berikut ini makna di balik logo Hari Pahlawan:

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Presiden Putin Teleponan Lama Sekali, Inilah yang Mereka Bahas

• Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kedzaliman para penjajah.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

• Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagi anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.

• Simbol Cinta: Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.

• Bambu Runcing: Bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Baca Juga: Komnas HAM: Ada Tujuh Pelanggaran HAM di Tragedi Kerusuhan di Kanjuruhan, Simak Poinnya!

Terakhir, bagi Anda yang ingin mengunduh (download) logo Hari Pahlawan 10 November 2022 untuk dicetak atau sablon, dapat klik link download di bawah ini:

DOWNLOAD LOGO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Itulah tema dan logo resmi Hari Pahlawan 10 November 2022 dari pemerintah. Semoga bermanfaat.***

Berita Terkait