DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Forum R20, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf: Selamat Datang di Tanah Hindu Bali

image
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staqu Akrab Disapa Gus Yahya (kiri) dan Sekjen Liga Muslim Dunia Syeikh Muhammad Al-issa di Nusa Dua, Bali, Selasa 1 November 2022.

ORBITINDONESIA - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengucapkan selamat datang di tanah Hindu kepada peserta forum religion of twenty (R20).

“Atas nama saudara-saudara Indonesia, atas nama Nahdlatul Ulama, atas nama Center for Shared Civilization Values, saya ucapkan selamat datang di Bali, Indonesia,” Gus Yahya, sapaan Yahya Cholil Staquf sewaktu menyampaikan sambutan pembukaan forum R20 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung Bali, Rabu 2 November 2022.

Gus Yahya menyampaikan selamat datang di Provinsi Bali, sebuah tanah Hindu; dan selamat datang di Indonesia, negara mayoritas Muslim.

Baca Juga: Gus Yahya PBNU Minta Wayan Koster Bercerita Mengelola Keharmonian Bali Dalam Kemajemukan di Forum R20

Baca Juga: Apel Hari Santri, Ketua Umum PBNU Gus Yahya Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi

Baca Juga: Heru Budi Hartono Mesra dengan Gus Yahya PBNU, Ini yang Mereka Bahas

“Selamat datang di Bali, sebuah tanah Hindu yang mengizinkan penampilan kesenian budaya muslim di Aceh di panggung mulia ini," kata Gus Yahya di depan ratusan pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara di dunia.

Pada acara itu, tarian Saman dari Aceh menyambut seluruh tamu undangan. Dua puluh remaja putri tampil memukau di atas panggung utama forum R20.

“Selamat datang di Bali, sebuah tanah tempat di mana pemeluk Hindu berada yang mengizinkan NU, organisasi muslim terbesar dan Liga Muslim Dunia, organisasi terpenting di dunia Islam, untuk membawa inisiatif di sini, di pulau ini, dengan semua para pemimpin agama berkumpul dari seluruh dunia,” kata Gus Yahya.

Gus Yahya juga mengucapkan selamat datang di Indonesia, sebuah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, yang mengizinkan Bali untuk tetap melestarikan tradisi dan budaya unik Hindunya sendiri.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Gus Yahya akan Melawan Gerakan Politik Identitas Pemilu 2024

Gus Yahya juga menyampaikan, bahwa Forum Agama G20 atau R20 ini adalah inisiatif yang tulus dan kemauan spiritual yang baik dari orang-orang beragama dari kepedulian yang lebih tulus dari semua pemeluk agama tentang masa depan umat manusia. ***

Berita Terkait