DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Renungan Hidup: Perubahan Tergantung pada Pilihan Kita

image
John C Maxwell tentang perubahan sebagai pilihan

ORBITINDONESIA - Kita mungkin pernah mendengar istilah pertumbuhan = perubahan. Kita dapat berubah tanpa bertumbuh, namun mustahil untuk dapat bertumbuh tanpa berubah.

Salah satu kunci untuk melakukan perubahan yang tepat yang membuat kita dapat bertumbuh adalah mengenali perbedaan antara masalah dan tantangan, yang dapat kita ubah, dengan kenyataan hidup, yang tidak dapat kita apa-apakan.

Misalnya, suatu hari, sebagai seorang remaja John C Maxwell menatap cermin dan tiba-tiba menyadari bahwa ia bukan seorang pemuda yang tampan. Itu adalah kenyataan hidup. Ia tidak dapat melakukan perubahan pada wajahnya.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Newcastle Menang Besar Atas Southampton, West Ham United Takluk Lawan Crystal Palace

Apakah yang akan ia lakukan? Ia membuat keputusan. Ia akan mengubah sikapnya terhadap kenyataan tersebut.

Ia akan tersenyum. Apakah itu akan mengubah wajahnya? Tidak, tidak begitu. Tetapi, itu akan membuat ia tampak lebih baik.

Seperti John, kita harus menghadapi banyak kenyataan hidup. Kita tidak dapat mengubah di mana dan kapan kita dilahirkan. Kita tidak dapat mengubah siapa yang menjadi orang tua kita.

Kita tidak dapat mengubah tinggi badan atau DNA Anda. Tetapi, kita dapat mengubah sikap kita terhadap hal-hal tersebut. Kita harus melakukan yang terbaik dengan segala kenyataan tersebut.

Baca Juga: MotoGP Valencia, Alex Rins Juara, Bagnaia Juara Dunia 2022

Berbeda dengan masalah. Suatu masalah adalah sesuatu yang dapat kita apa-apakan. Sesuatu yang dapat membuat kita bertumbuh.

Bagaimana caranya? Ironisnya, dimulai dengan satu langkah serupa: perubahan dalam sikap.

Saat kita mengubah sikap kita terhadap suatu masalah, kita membuka banyak kesempatan untuk bertumbuh.

Pebisnis, penulis, dan pembicara Nido Qubein menegaskan, "Entah Anda menjadi orang yang sukses atau orang yang gagal dalam hidup tidak ada kaitannya dengan keadaan Anda; melainkan lebih berkaitan dengan pilihan yang Anda buat.”

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru 2022 di Super Air Jet Butuh Pramugari dan Pramugara

Pilihan-pilihan apakah yang perlu kita ambil supaya kita berada di lingkungan yang kondusif dan memungkinkan kita untuk berkembang dan bertumbuh?

Dalam kaitannya dengan lingkungan, kita yakin bahwa kita perlu untuk membuat enam pilihan berikut supaya dapat menempatkan diri kita di lingkungan yang lebih baik untuk bertumbuh. (yang akan kita pelajari dalam kesempatan berikutnya).

Salam Pertumbuhan.
(Mr. SorChan). ***

Berita Terkait