DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

WSBK Mandalika, Skenario Alvaro Bautista Jadi Juara Dunia di Indonesia

image
WSBK Mandalika, Skenario Alvaro Bautista Jadi Juara Dunia di Indonesia

 

ORBITINDONESIA – Pebalap tim Aruba it Racing Ducati, Alvaro Bautista kini puncaki klasemen pebalap dengan unggul 82 poin atas Toprak Razgatlioglu. Bautista punya kans untuk kunci gelar juara dunia pada seri WSBK Mandalika musim ini.

Ini tidak lepas dari keberhasilan Alvaro Bautista menangi Race 1 dan Race 2 pada balapan di Argentina membuat Alvaro Bautista kian dekat dengan title juara dunia. Kini memimpin klasemen dengan nilai 507.

Alvaro Bautista unggul 82 poin atas juara bertahan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha wit Brixx) yang menghuni peringkat kedua dan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) tempati posisi ketiga dengan jarak 98 poin dari Bautista.

Baca Juga: Francesco Bagnaia, The Italian Man Juara Dunia MotoGP 2022

Dengan jadwal WSBK 2022 yang sisakan dua seri yaitu di Mandalika, ketiga kandidat juara dunia tersebut masih memiliki total 124 poin untuk diperebutkan.

Dengan keunggulan 82 poin atas Toprak dan 98 poin atas Rea, kans besar untuk raih gelar juara dunia ada di tangan Alvaro Bautista. Skenario Bautista segel titel di Mandalika adalah finis dengan unggul 17 poin atas Toprak dan satu poin atas Rea.

Pola sederhanannya adalah Alvaro Bautista wajib menang di Mandalika untuk kunci gelar juara dunia sedangkan Toprak finis di posisi kedelapan atau lebih buruk.

Alvaro Bautista juga masih bisa amankan gelar dengan finisi ditempat kedua di Mandalika, sedangkan Toprak finis ke-13 atau lebih buruk

Baca Juga: Jelang World Superbike 2022, SAR Mataram Siapkan Satu Helikopter

Namun, apabila pebalap Spanyol ini selesaiakn balapan WSBK Mandalika 2022 di luar dua besar, maka perburuan gelar juara dunia berlanjut ke Superpole Race dan Race 2 pada Minggu 13 November 2022.

Adapun balapan di Mandalika International Street Circuit. Lombok Tengah, NTB akan menjadi seri 11 dari 12 seri dalam kalender dunia WSBK 2022 dimana seri penutup berada di Philip Island.

Jadwal WSBK Mandalika dimulai dengan sesi latihan bebas pertama dan kedua pada Jumat 11 November 2022

Baca Juga: 176 Ton Logistik Superbike Tiba di Bandara Internasional Lombok

Lalu pada Sabtu 12 November 2022 digelar latihan bebas ketiga dan Race 1, sementara itu Superpole Race dan Race WSBK Mandalika 2022 dilansungskan pada Minggu 13 November 2022.

Berikut adalah klasemen WSBK 2022 untuk posisi lima besar.

Alvaro Bautista (Aruba.it Racing-Ducati) - 507 poin

Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx) - 425

Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) - 409

Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing-Ducati) – 260

Alex Lowes (Kawasaki Racing Team) – 217 ***

Berita Terkait