DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kunci Jawaban Soal SMP Kelas 9 Mapel Sosiologi

image
Ilustrasi, Kunci jawaban soal SMP kelas 9 Mapel Sosiologi

ORBITINDONESIA – Berikut ini kunci jawaban soal SMP kelas 9 untuk mata pelajaran Sosiologi tahun 2022

Simak kunci jawaban soal SMP mapel Sosiologi untuk kelas 9 berisi tentang materi Penilaian Akhir Semester

Sekalipun ada kunci jawaban soal SMP kelas 9 mapel Sosiologi tentu akan lebih baik jika para siswa kerjakan terlebih dahulu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal SMP Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia

1.Fenomen bonus demografi merupakan sebuah contoh gejala perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor internal yaitu

a. Pertentangan dalam masyarakat

b. Penemuan baru

c. Dinamika penduduk

d. Pemberontakan.

Jawaban : D

Pembahasan:

Bonus demografi merupakan suatu istilah yang mengacu pada ledakan populasi manusia di suatu negara, yang berada pada umur produktif kerja, yaitu 15-64 tahun. Dengan bonus demografi tersebut, pertumbuhan ekonomi, pembangunan, dan daya saing global dapat mengalami peningkatan.

Namun, jika dalam suatu masyarakat yang terjadi adalah rendahnya tingkat pendidikan, sempitnya lapangan pekerjaan, pembangunan yang terpusat di perkotaan, maka hal tersebut dapat memicu masalah sosial baru, seperti pengangguran dan kriminalitas. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bonus demografi merupakan gejala perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor dinamika penduduk.

2. Penggundulan hutan secara liar menyebabkan perubahan iklim secara global. Ciri-ciri globalisasi yang berkaitan dengan kondisi tersebut adalah.

a. Meningkatnya interakasi kultural dalam masyarakat

b. Meningkatnya masalah yang dialami kebanyakan masyarakat dunia.

c. Munculnya perubahan dalam konsep ruang dan waktu

d. Munculnya ketergantungan ekonomi.

Jawaban : B

Pembahasan:

Salah satu ciri-ciri globalisasi adalah meningkatnya masalah bersama. Masalah bersama atau masalah global dalam hal ini berarti masalah yang dialami oleh kebanyakan masyarakat dunia. Misalnya dalam bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, atau inflasi regional. Dalam kasus ini, perubahan iklim global memengaruhi semua penduduk yang ada di seluruh penjuru dunia sehingga menunjukkan ciri-ciri globalisasi meningkatnya masalah bersama.

3.Alasan kemanjuan sistem pendidikan dalam masyarakat dapat mendorong perubahan sosial adalah..

a. Memberi kesempatan kepada seseorang menikmati fasiltas dari pemerintah

b. Mengembangkan pola pikir, kreativitas dan ilmu pengetahuan di masyarakat

c. Memberikan kesempatan kepada golongan tertentu untuk berprestasi di sekolah

d. Mengembangkan budaya persaingan dalam mewujudkan cita-cita.

Jawaban :B

Pembahasan:

Perubahan sosial dapat terjadi karena perubahan kondisi geografi, perubahan kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi, ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Sistem pendidikan dapat mendorong perubahan sosial karena dapat mengembangkan pola pikir, kreativitas, dan ilmu pengetahuan.
Melalui pola pikir yang maju, kreativitas yang tinggi, dan kemandirian, manusia bisa mewujudkan berbagai penemuan baru serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang berguna bagi kehidupan sosial. Dengan majunya sistem pendidikan, maka perubahan sosial yang dihasilkan akan membawa dampak kemajuan dalam masyarakat.

4.Definisi modernisasi menurut Soerjono Soekanto adalah

a. Suatu perubahan sosial yang direncanakan secara terarah

b. Tida adanya standar mutlak dan tidak hanya berasal dari satu sumber

c. Perubahan yang terjadi secara spontan dan tidak direncanakan

d. Perkembangan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.

Jawaban : A

Pembahasan:

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial secara terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan yang disebut dengan social planning atau perencanaan sosial. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi menurut Soerjono Soekanto adalah suatu perubahan sosial yang direncanakan secara terarah

5. Indonesia selalu membuka peluang kerjasama dengan negara lain dan organisasi internasional, misalnya dengan UNESCO yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan, budaya dan komunikasi. Kerjasama ini juga didukung oleh adanya kemanjuan teknologi, informasi, komunikasi dan transportasi di era globalisasi. Kerjasama ini menunjukkan adanya gejala globalisasi di bidang..

a. Politik

b.Hukum

c. Eknomi

d. Transportasi.

Jawaban : A

Pembahasan:

Gejala globalisasi bidang politik adalah sebuah gejala politik seperti kebijakan nasional suatu negara yang menjadi isu-isu global. Dalam kasus ini, masuknya organisasi internasional UNESCO di Indonesia dan memiliki hubungan kerjasama dengan pemerintah Indonesia.

Hal tersebut dapat terlaksana karena adanya kebijakan politik dari pemerintah Indonesia itu sendiri yang kemudian diketahui oleh negara lain. Kebijakan politik tersebut berupa kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.

 

Demikian Kunci jawaban soal SMP kelas 9 mata pelajaran Sosiologi, semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan selamat belajar ***

Berita Terkait