DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pengamat : Kabinet Tidak Efektif, Reshuffle Mendesak Dilakukan

image
Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya, meresmikan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.

ORBITINDONESIA - Kabinet Jokowi yang diisi oleh tokoh tokoh Parpol sudah terlihat berseberangan dengan pemerintah, mereka dinilai tidak lagi dapat bekerja efektif dan akan cenderung blunder jelang Pemilu 2024.

Demikian pendapat Saiful Huda Ems (SHE), pengamat politik, praktisi hukum dan Ketum Relawan Harimau Jokowi mengamati kondisi kabinet Jokowi, Minggu, 13 November 2022.

"Beberapa menteri dalam Kabinet Pemerintahan Joko Widodo terlihat mulai tidak punya rasa sungkan berpolitik praktis. Ada menteri yang terang-terangan membangun citra untuk menjadi balon Capres 2024.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Liburan 9 Hari di Lombok Dari Surabaya Modal 1 Jutaan, Sempet Mampir ke Sirkuit Mandalika Juga

Ada pula menteri dari partai koalisi yang terlihat berseberangan dengan pemerintah. Mereka mulai tidak fokus dalam menjalankan visi dan misi Presiden.

Ini kan sangat berbahaya bagi efektifitas kinerja kabinet, dan akan menjadi blunder bagi Presiden Jokowi yang akan mempercepat kesuksesan berbagai proyek strategis nasional yang sudah dicanangkan dan sedang dilakukannya.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Jangan kelak Presiden Jokowi meninggalkan beberapa proyek mangkrak yang diakibatkan oleh ini semua. Presiden Jokowi tentu sangat faham dan berhati-hati soal ini," tegas Saiful Huda Ems.

Ia berpandangan, jika kondisi ini dibiarkan Jokowi, maka kabinet yang dipimpinnya tidak akan lagi berjalan efektif dan memperoleh hasil optimal.

Baca Juga: Netflix Luncurkan Trailer Teranyar Film Glass Onion A Knives Out Mystery yang diperankan oleh Craig David

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Apalagi kondisi ekonomi global yang tidak menentu tahun depan, dimana kerja keras dan soliditas tim di kabinet sangat menentukan bagi stabilitas perekonomian Indonesia.

Oleh sebab itu, menurut Saiful Huda Ems, Presiden Jokowi harus memastikan soliditas tim kabinetnya jelang 2023 mendatang. Reshuffle Kabinet menurut Saiful, tidak bisa tidak, harus segera dilakukan.

"Presiden perlu tim kabinet yang bisa bekerja penuh waktu sampai akhir masa tugas pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Ketika anggota kabinet dari parpol tidak lagi bisa diandalkan, maka tokoh profesional dan loyalis dari Relawan Jokowi tentu sangat siap menjadi super team yang handal. Presiden bersama tim kabinetnya tentu ingin meninggalkan legacy pembangunan yang utuh kepada Bangsa", tegas Saiful.

Baca Juga: HANYA UNTUK DEWASA, Ini Lirik Lagu Da Tau oleh Denise Chariesta, Isinya soal RD dan Adegan Ranjangnya

Selanjutnya, Saiful menyatakan bahwa kepentingan masyarakat saat ini harus diutamakan.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Kebijakan dan tindakan Presiden Jokowi tentu harus mengutamakan kepentingan masyarakat, dan kepentingan bangsa.

Jika itu dilakukan Jokowi, pasti kebijakan Jokowi akan didukung rakyat Indonesia secara penuh.***

Berita Terkait